Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kalau Jadi Panglima TNI

Jenderal Andika Pensiun Desember Tahun Depan

Senin, 1 Nopember 2021 07:50 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Twitter @tni_ad)
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa. (Foto: Twitter @tni_ad)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa paling dijagokan menjadi Panglima TNI menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang bulan ini bakal pensiun. Berbagai sinyal yang dilemparkan Presiden Jokowi juga mengarah pada Andika. Sayangnya, masa jabatan Andika kalau jadi Panglima TNI cukup singkat, yakni hanya sekitar 1 tahun. Karena Desember tahun depan, Andika akan pensiun.

Hingga kini, Jokowi belum menunjuk, siapa yang bakal melanjutkan tongkat estafet di tubuh TNI. DPR juga belum menerima Surpres (Surat Presiden) yang berisi nama calon Panglima TNI. Apakah menunjuk Jenderal Andika, atau KSAL Laksamana Yudo Margono, atau ada nama lain.

Berita Terkait : Andika Panglima TNI Masih Jadi Teka-Teki

Sekedar informasi, Jenderal Andika bakal memasuki masa pansiun pada Desember 2022. Sedangkan Laksamana Yudo akan pensiun pada 2023.

Meskipun masa pensiunnya lebih cepat, namun peluang Andika sebagai pengganti Hadi Tjahjanto lebih besar. Prediksi ini dikaitkan dengan berbagai peristiwa yang terjadi baru-baru ini.

Berita Terkait : Palu Jadi Percontohan Aktualisasi Nilai Pancasila

Pertama, saat perayaan HUT TNI di Istana Merdeka, pada 5 Oktober lalu. Usai acara, Jokowi yang ditemani Ibu Negara, Iriana Jokowi berkeliling melihat-lihat alutsista milik TNI, sempat melemparkan candaan. Kepada Iriana, Jokowi menawarkan untuk berkeliling Istana dengan kendaraan tempur. “Mau naik yang mana? Biar yang nyetir Pak Andika,” canda Jokowi.

Sinyal lain, yakni kedatangan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno ke Markas TNI AD, Senin (11/10) pagi. Kedatangan orang kepercayaan Jokowi bertemu Andika ini diposting dalam akun YouTube milik TNI AD. Namun, dalam pertemuan itu, keduanya membantah membahas masalah pergantian pucuk pimpinan TNI.

Berita Terkait : Panglima TNI Hadi Terima Tanda Penghormatan Dari Australia

Sinyal terakhir, saat Jokowi bakal melakukan kunjungan kerja Italia, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab. Jokowi yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/10) pagi, turut dianter sejumlah pejabat. Yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Menariknya, dari unsur TNI, justru Jenderal Andika yang ikut mengantarkan Jokowi.
 Selanjutnya