Dark/Light Mode

Sambut Hardiknas 2022, PINKAN Indonesia Gelar Final Lomba Kolintang Pelajar SD dan SMP

Jumat, 13 Mei 2022 23:26 WIB
Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Iriana saat memberi sambutan di acara Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP di auditorium Abdurahman Saleh RRI Jakarta, Jumat (13/5). (Foto: Humas Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia)
Ketua Umum PINKAN Indonesia Penny Iriana saat memberi sambutan di acara Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP di auditorium Abdurahman Saleh RRI Jakarta, Jumat (13/5). (Foto: Humas Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Endang Indra menyampaikan laporan peserta lomba yang diikuti oleh 28 peserta yaitu 12 dari kategori SD dan 16 Dari kategori SMP. Final lomba ini merupakan rangkaian puncak pada Lomba Virtual Kolintang Tingkat SD dan SMP.

Sebelumnya, para peserta lomba telah mendaftar dari tanggal 6 Februari sampai dengan 30 April 2022 dengan menampilkan kolintang konvensional yang terdiri dari tujuh sampai dengan sepuluh alat dan menyanyikan satu lagu daerah nusantara secara Virtual.

Lomba Kolintang ini merupakan ajang pertama kali yang digelar Pinkan Indonesia untuk Tingkat SD dan SMP. Tujuannya untuk mencari dan menumbuh kembangkan bakat serta minat anak-anak tingkat SD dan SMP dalam bermusik.

Khususnya, seni musik kolintang dan mengantarkan Ansambel Musik Kolintang Kayu (AMKK) Minahasa agar diakui dunia (goes to Unesco).

Adapun Dewan Juri yang hadir pada saat penilaian para finalis Lomba tersebut yaitu cCendi Lutungan, Recky Pangkareo dan Jimmy Manopo. Selanjutnya pemenang mendapatkan piala, e-sertifikat dan uang pembinaan yang diserahkan simbolis secara langsung dari ketua Umum PINKAN kepada juara 1 kategori SD dan SMP akan mendapatkan Rp 10 juta, juara 2 Rp 7,5 juta, juara 3 Rp 5 juta, juara 4 Rp 3 juta dan juara 5 mendapatkan Rp 2 juta.

Baca juga : Maknai Hardiknas, Kaum Muda Antusias Dengan Merdeka Belajar

Berikut daftar pemenang lomba Tingkat SD:

- Juara 1 Grup Shining Star

- Juara 2 Jala Kids

- Juara 3 Ma Leo-Leosan Kids

- Juara 4 SDN Negeri Treman A

Baca juga : 3 Kickboxer Indonesia Bakal Tampil Di Final, Rossi: Pelatih Sudah Siapkan Strategi

- Juara 5 SD Inpres Asabri Kolongan.

Sedangkan pemenang lomba Tingkat SMP:

- Juara 1 SMP Negeri 1 Tomohon

- Juara 2 Deo Gloria Efrata Kaneyan,

- Juara 3 The Sound Of Xavier

Baca juga : Srikandi Indonesia Gulung Jerman

- Juara 4 SMP Katolik Johanis Laikit

- Juara 5 SMP Kristen Woloan. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.