Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hepatitis Akut Misterius Bisa Dicegah, Pastikan Cuci Tangan Anda Sudah Benar

Sabtu, 14 Mei 2022 08:00 WIB
Anak harus diberikan pengertian tentang pentingnya mencuci tangan dengan benar, sedini mungkin. Cuci tangan adalah slaah satu cara yang mudah dan murah, untuk melindungi diri dari ancaman penyakit. (Foto: CDC)
Anak harus diberikan pengertian tentang pentingnya mencuci tangan dengan benar, sedini mungkin. Cuci tangan adalah slaah satu cara yang mudah dan murah, untuk melindungi diri dari ancaman penyakit. (Foto: CDC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penyakit hepatitis akut yang tak diketahui penyebabnya (acute hepatitis of unknown etiology) sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Kasus ini telah terdeteksi di 20 negara, dengan lebih dari 200 kejadian.

Meski penyebabnya belum diketahui, penyakit hepatitis akut ini bisa dicegah. Paling utama, dengan menjaga kebersihan tangan.

"Mencuci tangan yang baik dan benar, terbukti dapat mengurangi perpindahan mikroorganisme dari tangan ke tempat lainnya," kata Dokter Spesialis Anak RS Universitas Indonesia (RSUI), dr. Annisa Rahmania Yulman, Sp.A melalui akun Instagram resmi RSUI, Jumat (13/5).

Berita Terkait : Tak Usah Panik, Kementan Pastikan Penanganan PMK Sudah Maksimal

Berikut 6 langkah cuci tangan yang benar, sesuai rujukan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan WHO:

 

 

Selain itu, juga ada langkah pencegahan lain seperti:

Berita Terkait : Orang Dewasa Juga Bisa Kena Hepatitis Misterius, Biasakan Cuci Tangan Dengan Air Dan Sabun

1. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang matang sempurna

2. Menggunakan alat makan pribadi

3. Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit

4. Membuang tinja dan/atau popok sekali pakai pada tempatnya

Berita Terkait : Belum Kelar Covid Dan Hepatitis Misterius, Inggris Laporkan Virus Cacar Monyet Langka

5. Tetap menetapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, serta melengkapi vaksinasi dasar dan vaksin Covid-19

"Hepatitis misterius perlu diwaspadai. Mari lakukan pencegahan secara tepat. Segera periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, apabila anak mengalami diare, nyeri perut, mual muntah, kuning, BAK dengan warna seperti teh, BAB dengan warna pucat seperti dempul," ujar dr. Annisa. [HES]