Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ramalan Pakar

Heboh Hepatitis Misterius Tidak Seganas Corona

Senin, 9 Mei 2022 07:48 WIB
Hepatitis misterius/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Hepatitis misterius/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum juga merdeka dari Corona, kini muncul penyakit baru di dunia, termasuk Indonesia. Namanya hepatitis misterius. Di dalam negeri, tercatat sudah 4 anak meninggal akibat terpapar penyakit ini. Lantas apakah hepatitis misterius ini bakal seseram Corona? Ramalan sejumlah pakar, penyakit ini mematikan, tapi dampaknya tidak seseram Corona yang membuat dunia dilanda pandemi.

Berdasarkan laporan WHO, penyakit hepatitis misterius ini muncul pertama kali di Inggris, awal April lalu. Disebut misterius, karena penyakit ini tidak masuk dalam kategori hepatitis yang ada selama ini, yakni A, B, C, D, dan E. Namun, dari pemeriksaan awal, diketahui, gejala yang ditimbulkan sama seperti varian hepatitis yang ada. Hanya penyebab munculnya hepatitis ini, masih terus diselidiki.

Baca juga : Waspada! Hoaks Yang Kaitkan Hepatitis Misterius Dengan Vaksin Covid-19

Tidak seperti Corona, hepatitis misterius ini cenderung menyerang anak di bawah umur 16 tahun. Bahkan di Inggris, negara yang pertama kali melaporkan kasus tersebut, hepatitis misterius ini awalnya menyerang anak berusia 5 tahun.

Dalam waktu sebulan, penyakit yang belum diketahui asal usulnya itu, sudah menyebar di 20 negara, termasuk Indonesia. Hingga kemarin, tercatat sudah 4 anak di Indonesia yang meninggal dunia setelah dilaporkan terpapar hepatitis misterius ini.

Baca juga : Cegah Penyebaran Hepatitis Akut Misterius, Pemerintah Lakukan 4 Hal Ini

Tiga anak meninggal terjadi dalam kurun waktu dua minggu terakhir hingga 31 April 2022. Ketiga pasien anak yang diduga mengidap penyakit misterius itu adalah rujukan dari rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Gejalanya mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran. Kementerian Kesehatan masih melakukan investigasi terhadap kasus ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap.

Kasus teranyar muncul di Tulungagung, Jawa Timur. Kadinkes Tulungagung Kasil Rokhmat mengungkapkan, seorang anak perempuan berusia tujuh tahun meninggal diduga akibat penyakit Hepatitis akut misterius. Pasien anak yang tidak disebut identitasnya itu, sempat mendapat perawatan intensif di RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Baca juga : Lagi, Ahli Kesehatan Bantah Vaksin Covid Jadi Biang Kerok Hepatitis Akut Misterius

Ciri-ciri klinisnya identik dengan penyakit hepatitis. Namun, penyebabnya apa dan bersumber dari mana, belum diketahui. Menurut Kasil, hasil laboratorium tak mendeteksi adanya infeksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E pada anak tersebut.  Kasil menjelaskan, temuan kasus pertama di daerahnya itu berawal saat si anak mengalami demam dan muntah-muntah sekitar empat hari. Pasien sempat diperiksakan ke RS swasta, tapi tidak kunjung sembuh dan akhirnya dirujuk ke RSUD dr. Iskak, namun meninggal pada Jumat (6/5).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat tetap waspada. Kata dia, pihaknya tengah melakukan investigasi terkait kasus hepatitis misterius itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.