Dark/Light Mode

Jelang Peresmian, Nara Kupu Jogja Gandeng Kopassus Gelar Donor Darah

Selasa, 6 September 2022 21:28 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini akan memiliki satu wahana wisata edukasi bernama Nara Kupu Jogja (NKJ) yang terletak di kaki gunung Merapi, Sleman, Jawa Tengah.

Rencananya, Nara Kupu Jogja akan melaksanakan soft opening pada pertengahan Oktober 2022 mendatang.

Sebelum peluncuran dilaksanakan, manajemen Nara Kupu Jogja sudah mulai menerima berbagai kunjungan mulai dari kalangan pelajar, instansi, institusi dan masyarakat umum. Salah satunya, kunjungan yang dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cangkringan.

Baca juga : BLT BBM Topang Perekonomian Masyarakat Kurang Mampu

“Betul, adik-adik SMKN 1 Cangkringan kemarin kami ajak untuk mengikuti pelatihan bagaimana cara membuat pestisida nabati, pupuk organik cair, kompos dan lain-lain,” ujar Field Manager Nara Kupu Jogja, Doni Darmawan dalam keterangannya, Selasa (6/9).

Sejauh ini, kata Doni, pihaknya sering berkolaborasi dengan lembaga pendidikan mulai tingkat PAUD hingga SMA untuk melaksanakan berbagai pelatihan terkait cocok tanam organik, pembuatan pupuk, penangkaran hewan ternak dan lain-lain.

"Intinya tentu kehadiran Nara Kupu Jogja ini kami harapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan seperti bagaimana memberdayakan masyarakat mulai dari anak sekolah hingga kelompok tani dalam mengelola produk pertanian,” sebutnya.

Baca juga : Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral Dengan Marcos di Istana Bogor

Sementara itu General Manager Nara Kupu Jogja, Theresia Indra Cahaya menyampaikan bahwa sebagai bagian dari pra soft opening, pihaknya juga akan melaksanakan sejumlah kegiatan sosial antara lain donor darah.

“Dalam menyambut soft opening itu, kami sudah mulai juga berbagai kegiatan sosial seperti misa pemberkatan dilanjutkan dengan donor darah tanggal 17 September nanti lalu ada kenduri,” ujar Tere.

"Nah donor darah itu juga kerjasama antara Nara Kupu Jogja dengan Batalyon-23 Kopassus dengan tema 'Kita Sehat, Indonesia Kuat'," lanjutnya.

Baca juga : Bank DKI Gandeng BPR Syariah HIK Parahyangan

Untuk diketahui, seperti terlihat pada akun IG nara_kupu_jogja, tempat ini selain memiliki arena wisata edukasi, Nara Kupu bersama Sayur Kendal dari Wihrasa Group juga menyiapkan lokasi kuliner dengan berbagai macam menu berbahan sayuran organik.

"Dari hasil tanaman organik, dapat diolah menjadi macam-macam makanan sehat. Misalnya, produk panganan dari hasil organik kini sudah tersedia seperti Bakmi Jogja Mbah Walid, Pecel 57, Morning Dew dan yang lainnya," ujar Owner Wihrasa Group, Rayhan Cristian Siego.

"Dari kualitas tentu terjamin, dari harga juga pasti terjangkau, lebih penting cara mendapatkannya mudah. Misalnya, lewat aplikasi GoFood Jogja dan produk Sayur Kendal Jogja di Tokopedia," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.