Dark/Light Mode

Bulan Kemerdekaan, Puti Guntur Gandeng Swastoe Gelar Pentas Seni Di Sarinah

Rabu, 24 Agustus 2022 18:35 WIB
Ketua Dewan Pembina Swastoe Puti Guntur Soekarno saat Pagelaran Paduan Suara, Solo, Kwartet yang dihadiri oleh Alumni SMA 1 Budi Utomo (Boedoet) Jakarta di Anjungan Sarinah, Minggu (21/8). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pembina Swastoe Puti Guntur Soekarno saat Pagelaran Paduan Suara, Solo, Kwartet yang dihadiri oleh Alumni SMA 1 Budi Utomo (Boedoet) Jakarta di Anjungan Sarinah, Minggu (21/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Agustus adalah bulan kemerdekaan Indonesia. Sejumlah kegiatan perayaan digelar di seluruh tanah air. Salah satunya adalah kegiatan yang digelar oleh cucu Presiden Pertama RI Soekarno, Puti Guntur Soekarno.

Bersama Swastoe, Puti berpartisipasi mengisi bulan kemerdekaan dengan kegiatan berkesenian melalui pagelaran seni berupa Paduan Suara, Solo, Kwartet yang dihadiri oleh Alumni SMA 1 Budi Utomo (Boedoet) Jakarta.

"Pagelaran ini juga diikuti oleh masyarakat luas pada umumnya," kata Puti kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/8).

Baca juga : HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, KBRI Bangkok Gelar Panggung Gembira Dan Bazar Kuliner

Puti menjelaskan, Swastoe kepanjangan dari Swara Seni Satoe merupakan Komunitas Alumni Kesenian SMA 1 Budi Utomo (Boedoet) Jakarta. Mereka terpanggil dan tergerak untuk meningkatkan semangat berkesenian dan berkebudayaan di Indonesia.

"Intinya, kami ingin meningkatkan dan menyebarkan semangat berkesenian dan berkebudayaan di Indonesia. Acara pagelaran seni sudah sukses digelar Hari Minggu kemarin, di Sarinah, Jakarta Pusat," ungkap Ketua Dewan Pembina Swastoe ini.

Anggota Komisi X DPR ini mengungkapkan alasan, kenapa Sarinah jadi tempat pagelaran seni komunitasnya.

Baca juga : Peringati HUT RI Dan Kemenko Perekonomian, Airlangga Cs Gelar Jalan Santai-Resmikan Studio Mini

"Sarinah sebagai salah satu Ikon Budaya di Indonesia, dipandang perlu sebagai titik untuk meningkatkan dan menyebarkan semangat berkesenian dan berkebudayaan di Indonesia," pungkas Puti yang juga Alumni Boedoet Angkatan 1990.

Sebagai informasi, Anjungan Sarinah Thamrin yang berlokasi di Jalan MH Thamrin Jakarta Minggu (21/8) ramai dihebohkan dengan penampilan Kelompok Paduan Suara Swastoe.

Anjungan Sarinah dipenuhi atribut komunitas yang sebagian besar memakai kaos kuning dan oranye. Ada pula alumni yang memakai kaos hitam bermotor yang terkesan garang namun tetap santun dan ramah.

Baca juga : Kementan Gandeng PT Nestle Tingkatkan Produksi Susu Di Indonesia

Beberapa lagu wajib perjuangan dinyanyikan oleh Swastoe dan dilanjutkan dengan lagu-lagu penuh kenangan di antaranya Ondel-ondel, Indonesia Pusaka, medley lagu daerah, Jazz 80-90, dan lagu pop yang nge-hits pada zamannya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.