Dark/Light Mode

Terinspirasi Miss Face of Humanity 2022, Novita Emilda Ingin Kembangkan Batik Padang

Rabu, 5 Oktober 2022 18:29 WIB
Koleksi Batik Padang. (Foto: Istinewa)
Koleksi Batik Padang. (Foto: Istinewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, sosialita Novita Emilda, menambah koleksi batik untuk seluruh anggota keluarganya. Bahkan dia rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli busana mewah karya perancang Iwan Tirta berkolaborasi dengan Ivan Gunawan yang pernah digunakan Miss Face of Humanity 2022 Nadia Tjoa.

Novita mengatakan, batik karya Iwan Tirta itu jenis klasik dan fashionable. Dia mengaku sering mengenakan batik karya Iwan maupun Ivan.

“Salah satu koleksi istimewa saya adalah masterpiece karya kolaborasi mereka berdua yang pernah dikenakan Nadia Tjoa pada kontes Miss Face di Toronto, Kanada, pada April 2022,” ujar Novita di Jakarta, Rabu (5/10).

Dengan busana batik warna dominan coklat dan hitam, Nadia berhasil dinobatkan sebagai Miss Face Humanity mengalahkan 17 kontestan dari berbagai negara. Novita mengaku sayang terhadap gaun batik mewah yang sudah go internasional dan cocok untuk ukuran tubuhnya.

Baca juga : Pengusaha Transportasi Minta Pemerintah Naikkan Tarif Penyeberangan

“Jarang saya pakai, supaya awet," ujar tokoh wanita inspiratif dan banyak mendapat penghargaan dari berbagai pihak.

Namun dia tidak menyebutkan harga, tapi yang jelas cukup mahal. Sebagai tokoh wanita berdarah Minang, Novita ingin mengembangkan batik khas Padang, Sumatera Barat yang memiliki corak dan motif tersendiri.

"Saya ingin mengembangkan batik Padang agar semakin memasyarakat di ranah Minang," ujar Direktur PT Duta Topkey Energy itu.

Pada hari H, perayaan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober, Novita dan suami serta segenap karyawan perusahaan miliknya mengenakan batik

Baca juga : Srikandi Ganjar Yogyakarta Gaungkan Ganjar Presiden 2024

Novita juga mengaku senang bahwa suaminya juga menyukai batik. Untuk itu, dia pun sering membelikan batik untuk suami.

"Pokoknya, kalau dia saya belikan batik, wajib memakainya. Tapi kebetulan suami juga senang batik, jadi semuanya enjoy berbatik ria," ujar Novita.

Ia mengimbau masyarakat agar turut proaktif melestarikan batik yang merupakan warisan leluhur dan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan tak benda dunia.

Bagi Novita, batik itu mengajarkan untuk ulet, pantang menyerah, sabar untuk menjadi yang terbaik.

Baca juga : Juara Binaraga Dan Fitness Asia 2022, Nilawaty Law Kibarkan Merah Putih Di Maldives

“Motif batik yang cenderung lengkung itu menggambarkan bahwa hidup tidak selamanya datar," ujar Novita. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.