Dark/Light Mode

Para Ahli Bedah Epilepsi Hadir Dalam Workshop Internasional Di FKK UMJ

Minggu, 9 Oktober 2022 21:23 WIB
Para ahli bedah epilepsi dalam Workshop Internasional Di FKK UMJ. (Foto: Ist)
Para ahli bedah epilepsi dalam Workshop Internasional Di FKK UMJ. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kembali menjadi tuan rumah dalam kegiatan 3rd Jakarta Islamic Neuro Science (JINS) Week 2022 yang diselenggarakan pada 7-8 Oktober 2022, di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ.

Kegiatan ini menghadirkan lima ahli bedah saraf di Indonesia yang mendalami khusus bedah epilepsi. Kelimanya yakni Prof. DR. Andi Asadul Islam, Sp.BS(K) sebagai pembicara utama.

Kemudian, pembicara lainnya, yaitu Prof. Dr. Zainal Muttaqin, Sp.BS(K), Ph.D., DR. dr. Rahadian I Susilo, Sp.BS(K), dr. Heri Subianto, Sp.BS, Dr. Zainy Hamzah, Sp.BS., dan Dr. Yuris Bachtiar, Sp.BS., Ph.D. serta Prof. dr. Muhammad Thohar Arifin, PhD,PA.,Sp.Bs.

Seminar dan Workshop ini terakreditasi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sehingga memiliki nilai SKP IDI. Tema yang diangkat pada acara JINS Week 2022 tersebut perihal Epilepsy Surgery with Neuronavigation yang terdiri dari beberapa kegiatan.

Baca juga : Muhammadiyah Apresiasi Kejagung Atas Penghargaan Internasional Yang Diraihnya

Di antaranya, simposium, presentasi makalah, diskusi dengan ahli, serta lokakarya operasi epilepsi dan tumor otak bagian dalam dengan cadaver.

Pada Jumat (7/10) JINS Week 2022 dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kes. yang diikuti kurang lebih 20 dokter spesialis bedah saraf dan sekitar 200 mahasiswa kedokteran tingkat akhir.

Pada hari pertama JINS Week 2022, kegiatan dimulai dengan pemaparan materi dari dua narasumber yaitu Prof. DR. Andi Asadul Islam, Sp.BS(K) sebagai pelopor bedah epilepsi di Indonesia dan Prof. Dr. Zainal Muttaqin, Sp.BS(K), lalu dilanjutkan pemaparan paper oleh tiga dokter terpilih.

"Jakarta Islamic Neuroscience (JINS) Week 2022 akan menjadi acara kekhususan dari FKK UMJ karena akan diproses oleh LPPM kepada Kemenkumham, sehingga mampu mendorong tercapainya kualitas dari Neuro Science di ruang lingkup Jakarta, khususnya UMJ," ucap Hadi.

Baca juga : 3 Penghafal Alquran Indonesia Ikut MTQ Internasional Di Turki Dan UEA

Kemudian, dr. Zainy Hamzah, Sp.BS., selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa pPada JINS Week kali ini, FKK UMJ mengangkat tema terkait epilepsi karena berlandaskan pada keresahan terkait stigma masyarakat tentang epilepsi.

"Padahal bisa diobati dan tidak menular lewat makanan. Saya berharap, acara ini tetap berlanjut setiap tahun dengan tema dan agenda yang lebih menarik,” tutur Zainy.

Selaras dengan Zainy, Prof. Andi Asadul Islam memaparkan materi terkait sejarah epilepsi dan menjelaskan secara lengkap terkait tanda-tanda, gejala-gejala, penyebab dan diagnosis yang tepat untuk menangani serangan epilepsi.

Sementara itu, Prof. Zainal Muttaqin pada materi ke dua menyampaikan terkait pencegahan, penatalaksanaan, prognosis, dan data-data konkret terkait pengidap, serta angka kesembuhan epilepsi di Indonesia.

Baca juga : ASTON Kartika Grogol Bersama Lions Club International Gelar Donor Darah

Pada hari kedua JINS Week 2022, rangkaian selanjutnya ialah workshop operasi epilepsi di bagian otak dalam kepala yang dilaksanakan di Laboratorium Anatomi FKK UMJ, Sabtu (8/10).

Seluruh peserta workshop yang berjumlah 20 orang merupakan dokter spesialis bedah saraf dari rumah sakit dan instansi pendidikan berbagai wilayah di Indonesia.

Prof. dr. Muhammad Thohar Arifin, PhD, PA.,Sp.BS(K) menggantikan Prof. Zainal memberikan materi workshop bedah epilepsi pada otak bagian dalam dan peserta dibagi berkelompok sesuai alat yang sudah disediakan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.