Dark/Light Mode

Selain Jaringan Stabil, Ini Modal Jadi Blogger

Kamis, 13 Oktober 2022 18:14 WIB
Widyanti Yuliandari. (Foto: Ist)
Widyanti Yuliandari. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaringan yang luas dan stabil bisa dibilang sebagai modal utama blogger. Hal tersebut sebagai penunjang pekerjaannya yang bersinggungan dengan pemanfaatan teknologi.

Blogger Widyanti Yuliandari pun mengemukan alasannya, hal itu dibutuhkan karena perkembangan zaman yang pesat dari sisi perangkat sampai dengan teknisnya. Pasalnya para blogger juga harus adaptif mengembangkan skill dan turut menyebarkan informasi positif kepada masyarakat Indonesia.

“Saya biasanya berpandangan selalu update, karena perubahan merupakan keniscayaan,” jelas Widyanti, Kamis (13/10).

Selain itu untuk menjadi blogger yang terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, mereka harus menerapkan dua hal penting. Pertama, mencintai aktivitas blogging.

“Menulis tanpa kecintaan, seperti hanya akan mengejar view dan keuntungan lain. Tapi kalau pakai cinta blogger jadi punya energi dan happy aja gitu,” katanya lagi.

Baca juga : Bermesraan, Belum Tentu Jadi Pasangan

Lantas selanjutnya, blogger harus memiliki keunikan, kekuatan dan kedalaman konten. Untuk blogger unik tetap eksis harus memiliki pandangan berbeda.

Widyanti yang juga menjadi juri IndiHome Blog Competition 2022 ini mengatakan program dari Indihome tersebut sangat memberikan ruang yang luas bagi para blogger yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk tumbuh dan berkembang bersama IndiHome.

Sebagai informasi, tema yang diangkat pada Indihome Blog Competition tahun ini adalah Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia. Kompetisi ini sendiri menjadi kali kedua lomba blog diselenggarakan Indihome.

Dalam kompetisi itu, tidak ada batasan eksplorasi konten yang akan menghambat para blogger dalam mengikuti kompetisi ini. Blogger juga dibebaskan berkreasi menggunakan Bahasa Indonesia informal namun tetap sopan dan tidak melanggar asas kesantunan masyarakat.

Dalam mempercantik konten, penggunaan infografis, citra foto, hingga video juga diperbolehkan dan terlihat dari beberapa blog pemenang. Tidak hanya itu, blogger-blogger terbaik di masing-masing sub tema berkesempatan mendapatkan kontrak eksklusif dengan IndiHome.

Baca juga : Aremania Ingatkan Jangan Ada Pihak Tunggangi Tragedi Kanjuruhan

Adapun tema yang dihadirkan dalam acara tersebut beragam, mulai dari internet dan teknologi (ICT), gamer and esport, lifestyle, pendidikan, creative and culture, parenting, tourism & hospitality ekonomi dan bisnis, kesehatan, dan profesi.

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada malam inagurasi secara offline dan online pada 22 September 2022 yang lalu. Dihadiri oleh 36 pemenang dan ratusan peserta lomba dari berbagai kota di Indonesia.

Telkom Indonesia melalui IndiHome terus berupaya untuk melakukan edukasi kepada blogger agar menghadirkan konten berkualitas seiring berkembangnya teknologi.

Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia E. Kurniawan mengatakan salah satu realisasi dari upaya tersebut yakni dengan menghadirkan program Just on IndiHome yang bisa dimanfaatkan oleh blogger untuk mengedukasi masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga mampu memberdayakan masyarakat ke arah yang lebih positif.

"Proses ini yang bisa kita ciptakan Empowering Society," ujar Kurniawan.

Baca juga : Menpora Tegaskan Stadion Bola Milik Pemda Jadi Prioritas Audit

Melalui inisiatif tersebut, pihaknya berharap agar para blogger turut berkontribusi dalam menyebarkan informasi positif dan inspiratif kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga setiap konten yang dihasilkan mampu memberikan manfaat dan memotivasi masyarakat untuk menghadirkan ide-ide kreatif agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

“IndiHome menjembatani, teman-teman berkesempatan exploring society, kalau teknologi maju tapi kita tidak update, bakal tergilas badai," jelasnya lagi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.