Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasca Deklarasi Capres

Pengamat: Elektabilitas Anies Bakal Naik, NasDem Juga Kecipratan Berkah

Selasa, 4 Oktober 2022 10:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam acara Deklarasi Capres Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10). (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam acara Deklarasi Capres Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10). (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC) Rio Prayogo meyakini, dukungan Partai NasDem kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024, akan memberikan dampak positif kepada pria kelahiran 7 Mei 1969 itu. Popularitas dan elektabilitas Anies, diprediksi bakal menanjak.

"Pasti akan berefek pada elektabiltas Anies ya. Saya yakin, elektabilitas Anies akan naik pasca deklarasi pencapresan oleh NasDem," ungkap Rio kepada RM.id, Selasa (4/10).

Dia pun mencontohkan momen Rakernas pada 15-17 Juni lalu. Ketika itu, NasDem memilih tiga nama yang akan diajukan sebagai Capres. Yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo. 

Baca juga : Puan: Satgas Perlindungan Data Harus Bisa Selesaikan Semua Kebocoran Data

"Hasil Rakernas itu terbukti mampu mengerek elektabilitas Anies, dari 16 persen ke 23 persen. Atau naik 7 persen. Apalagi, ini dukungan resmi. Sepertinya, bakal naik lagi," beber Rio.  

Menurutnya, dengan dukungan NasDem, Anies akan mudah memanfaatkan panggung Capres. Terutama, setelah dia resmi menanggalkan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, pada 16 Oktober mendatang. Anies akan lebih mudah menyusun aktivasi, narasi, dan sosialisasi sebagai calon orang nomor 1 di Republik ini. 

Berkah elektabilitas, kata Rio, juga akan dialami NasDem. "Pemilih dan loyalis Anies, pastinya akan mendukung NasDem," ujarnya.

Baca juga : Mahfud Kecipratan Berkah Kasus Sambo

Soal kemungkinan koalisi dengan partai lain, Rio melihat peluang ini akan terbuka lebar. Tak hanya dengan PKS dan Demokrat. 

"PAN dan PPP juga bisa saja ikut membentuk koalisi dengan NasDem. Karena kedua partai tersebut memiliki basis konstituen, yang ideologinya setipe dengan figur Anies," terang Rio.

"Kalau nggak dukung, PAN dan PPP bisa ditinggalkan pemilihnya. Karena basis mereka, rata-rata pro Anies," tandasnya. ■

Baca juga : Pengamat: Masyarakat Melihat Parameter Kinerja

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.