Dark/Light Mode

Bijak Memilih Obat

Ini Alternatif Obat Penurun Panas Yang Aman Ketika Si Kecil Demam

Selasa, 1 November 2022 14:16 WIB
Ilustrasi puyer. (Foto: Ist)
Ilustrasi puyer. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah telah melakukan biopsi terhadap jasad pasien gagal ginjal akut misterius. Terungkap, kerusakan di ginjal pasien dipicu oleh cemaran etilen glikol (EG). Hasil biopsi merupakan pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium.

Pemerintah hingga ini masih melarang penjualan beberapa obat sirup di pasaran. Meski demikian, ada juga daftar obat sirup yang sudah diperbolehkan dikonsumsi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Meski demikian, tetap saja orangtua harus waspada dan bijak memilih obat, apalagi memasuki musim pancaroba yang ditandai cuaca yang ekstrem.

Baca juga : Bali United Gelar Sosialisasi Keamanaan Dan Keselamatan Ke Suporter

Ada sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai pada musim ekstrem ini seperti batuk, radang, flu dan diare. Biasanya ditandai adanya gejala panas, sumang dan demam.

Menurut Frendi P Rachman, Marketing Manager PT Herba Group, saat ini orangtua harus siaga dalam mengantisipasi agar anak tidak sakit yakni dengan cara memberi asupan makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup.

“Orangtua juga harus berjaga-jaga dengan menyediakan obat paracetamol penurun demam dan menyediakan alat pengukur temperatur,” ujar Frendi, Selasa (1/11). 

Baca juga : Jalani Verifikasi Faktual, Hanura Yakin Tembus Ke Senayan

Ada beberapa bentuk sediaan obat yang azim untuk anak anak. Biasanya berupa cairan/sirup. Akan tetapi, cukup banyak bentuk sediaan puyer atau serbuk di pasaran.

Paracetamol dalam bentuk puyer adalah salah satu alternatif pengganti paracetamol sirup untuk mengatasi anak sumang atau demam lantaran aman, mudah dan higienis.

“Kalau flashback ke belakang sebenarnya orangtua kita dulu pada umumnya memberikan obat paracetamol pada si kecil dalam bentuk puyer, yang mana orangtua tentunya berpikir simpel. Puyer itu buat orangtua dahulu dipercaya mudah penggunaannya, cukup tuang puyer ke sendok lalu dicampur dengan madu dan sedikit air,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.