Dark/Light Mode

Perluas Kolaborasi, UI Dan Dikti Kunjungi Australia

Sabtu, 11 Februari 2023 14:23 WIB
Kunjungan UI dan Dikti ke Australia. (Foto: Ist)
Kunjungan UI dan Dikti ke Australia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delegasi Universitas Indonesia (UI) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertandang ke Melbourne pada 8-12 Februari 2023. 

Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut kerangka kerja sama Partnership in Research Indonesia and Melbourne (PRIME) antara Pemerintah Indonesia dan University of Melbourne yang diinisiasi pada 31 Maret 2021 lalu. Sementara itu, UI hadir sebagai perwakilan aliansi riset Indonesia.

Baca juga : Menuju Masyarakat Komunikatif: Rasio Dan Dogmatisme Agama

PRIME merupakan kerja sama penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat universitas-universitas di Indonesia di level global. Sebelumnya, telah terbentuk tim kolaborasi riset yang terdiri 6 kelompok dengan total 67 peneliti, terbagi dalam bidang riset PRIME Health dan PRIME Social. Dalam kunjungan ini, kerangka PRIME tersebut diperluas dengan menambahkan kluster PRIME Engineering and Science. 

Delegasi UI yang hadir dalam kunjungan tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Abdul Haris, Dekan Fakultas Teknik Prof. Heri Hermansyah. Sementara itu, perwakilan Kemendikbudristek adalah Dirjen Dikti Prof. Ir. Nizam, Direktur SDM Kemdikbudristek Dr. Mohammad Sofwan Effendi.

Baca juga : Langgar FFP, City Terancam Degradasi Dan Ditinggal Guardiola

“Kami yakin, global engagement melalui kolaborasi riset dan kerja sama akademik berdampak signifikan dalam meningkatkan mutu dan jumlah publikasi dan sitasi, serta efektif untuk membuat UI direkognisi oleh komunitas ilmiah dunia,” ujar Prof. Haris.

Dalam perjalanan lima hari tersebut, UI dan DIKTI juga menyempatkan diri untuk bertemu dan berdiskusi dengan para mitra strategis seperti Monash University, Deakin University, Swinburne University, dan pimpinan Times Higher Education Asia Pacific.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.