Dark/Light Mode

Resto Yougwa Danau Sentani Senayan Park, Tempat Asyik Nyicip Kuliner Khas Papua

Sabtu, 4 Maret 2023 12:47 WIB
Aneka menu khas Papua di Resto Yougwa Danau Sentani, Senayan Park, Jakarta. (Foto: Nusa Noferi Anjala/RM)
Aneka menu khas Papua di Resto Yougwa Danau Sentani, Senayan Park, Jakarta. (Foto: Nusa Noferi Anjala/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Papua, provinsi paling timur Indonesia, banyak memiliki daya tarik. Tak cuma kaya destinasi wisata alam, Papua juga dikenal memiliki tradisi dan budaya yang unik. Kulinernya pun maknyus. Enak, segar, dan bergizi tinggi.

Saat ini, kuliner khas Papua telah banyak disajikan di sejumlah restoran di Jakarta. Salah satunya, di Restoran Yougwa Danau Sentani, Senayan Park, Jakarta.

Ini adalah cabang ketiga Resto Yougwa Danau Sentani, setelah di Jayapura dan Batu Ceper Jakarta Pusat.

 

Franandez, Owner Resto Yougwa Danau Sentani Senayan Park, Jakarta. (Foto: Sri Nurganingsih/RM)

Resto Yougwa Danau Sentani adalah satu-satunya resto khas Papua, yang membuka lokasi di mall. Tak salah bila Anda ingin mencicip lezatnya kuliner Papua, sambil kongkow atau jalan-jalan. Apalagi, mall ini juga mengusung konsep outdoor. Ada spot danau dan rooftop, yang pastinya instagrammable.

Franandez, Owner Resto Yougwa Danau Sentani mengatakan, usaha kulinernya di Senayan Park yang telah berjalan dua tahun, menjadi magnet di pusat perbelanjaan yang terletak di Jl Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta. Apalagi, saat ini, pemerintah sudah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga : Resmikan Lamban Pancasila, Waka BPIP Cicipi Makanan Khas Lampung Barat

“Peminat kuliner Papua dari berbagai kalangan yang mampir ke resto kami, termasuk turis asing, terus meningkat,” ujar Nandes.

“Ikan-ikan di sini, kami datangkan langsung dari Papua,” imbuhnya.

 

 

Di Resto Yougwa Danau Sentani Senayan Park, RM.id menjajal sejumlah kuliner khas Papua, yang penampilannya saja sudah menggiurkan.

Ada papeda atau bubur sagu, yang nikmat disantap dengan ikan kerapu kuah asam kuning bertabur cabe rawit utuh. Tekstur kental papeda yang berpadu dengan potongan ikan lembut dan kuah segar yang kaya bumbu, sukses membikin lidah bergoyang.

Baca juga : Cerita Mahfud Saat Nyantri, Ditempa Jadi Manusia Berintegritas

Selain itu, juga ada ikan kuwe bakar pace mace, tumis ganemo bunga pepaya, pucuk labu ebi, dan barapen. Bakwan jagung dan pisang goreng yang dicocol dengan sambal roa juga tak kalah lezat. Bumbunya meresap, rasanya mantap.

Aneka makanan yang dicampurkan di batu barapen, juga sangat layak dicoba. Ada singkong, ubi, ubi ungi, daun pucuk labu, ayam dengan bumbu spesial dari Yougwa Danau Sentani. Dijamin ketagihan. 

“Di sini, kami sajikan juga menu seafood dan hidangan khas Manado seperti bubur Manado, ayam bakar bumbu, panada, dan balapis sebagai variasi,” kata Franandez.

Bantu Pengrajin

Eksotisme Resto Yougwa Danau Sentani tak hanya tercermin dari deretan makanan lezatnya. Interior ruangannya pun, keren abis. Banyak menampilkan hasil kerajinan tangan khas Papua. Seperti alat musik tifa, patung kayu, dan aneka kerajinan kayu lainnya yang khusus didatangkan dari Desa Kamoro, wilayah pesisir Papua.

Selain itu, juga ada mahkota khas Papua, yang bisa dipakai pengunjung yang ingin foto-foto.

Baca juga : Ketua MUI Kota Serang Ingatkan Pentingnya Moderasi Beragama

 

Resto Danau Sentani menjual aneka kerajinan kayu khas Papua, untuk membantu pengrajin setempat. Bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia. (Foto: Nusa Noferi Anjala/RM)

Seluruh kerajinan khas di Resto Yougwa Danau Sentani, tak hanya sekadar dipajang, tetapi juga dijual. Setiap produk, ada label yang mencantumkan nama dan wajah pengrajinnya.

“Kami ingin, budaya Papua makin dikenal orang. Makin mendunia. Karena itu, kami senang membantu pengrajin handicraft Papua, bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia,” ujar Franandez.

Lariskah aneka produk kerajinan Papua itu?

“Laku. Terutama, turis asing. Banyak yang minat,” pungkas Franandez.

Penasaran dengan eksotisnya kuliner dan kerajinan kayu khas Papua? Buruan datang ke Resto Yougwa Danau Sentani di Senayan Park LG Floor.  ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.