Dark/Light Mode

Cek Di Sini, Glaukoma Bisa Muncul Tanpa Gejala

Jumat, 10 Maret 2023 13:29 WIB
Seminar tentanf gejala dan pencegahan Glaukoma yang digelar Jakarta Eye Center. (Foto: Istimewa)
Seminar tentanf gejala dan pencegahan Glaukoma yang digelar Jakarta Eye Center. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di Indonesia, data yang sempat dirilis secara resmi barulah prevalensi glaukoma sebesar 0,46 persen (setiap 4 sampai 5 orang per 1.000 penduduk).

JEC sendiri hingga 2022 telah menangani hampir mencapai 110.000 kunjungan pasien glaukoma selama 3 tahun terakhir. Memahami situasi mengkhawatirkan tersebut,

JEC Eye Hospitals and Clinics kembali menjalankan inisiatif tahunan guna menggiatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit glaukoma. Rangkaian aktivitas telah disusun dengan mengusung tema besar:

Baca juga : Gejot Turis Jepang, Garuda Buka Rute Baru Tokyo-Manado

Building the Ecosystem to Fight Glaucoma. Pasalnya, JEC meyakini deteksi dini menjadi faktor kunci untuk mencegah terganggunya penglihatan akibat glaukoma.

“Tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mulai tahun ini, JEC ingin memberi impak yang lebih besar kepada masyarakat dengan menggagas inisiatif sosial terbaru sekaligus yang pertama di Indonesia, yaitu pemberian 100 tindakan operasi implan glaukoma secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Dokter Subspesialis Glaukoma serta Kepala Divisi Riset dan Pendidikan JEC Eye Hospitals and Clinics Rini Sulastiwaty Situmorang.

Tindakan operasi tersebut akan dilangsungkan secara bertahap sepanjang 2023 dengan penerima manfaat yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Titik pelaksanaan operasi akan melibatkan hampir seluruh cabang JEC Eye Hospitals and Clinics.

Baca juga : Raisa, Galau Bisa Jadi Cuan

“Implan glaukoma merupakan prosedur bedah untuk menurunkan tekanan dalam bola mata pada pasien glaukoma. Operasi ini menjadi pilihan utama bagi pasien glaukoma dengan tekanan bola mata yang tetap tidak terkontrol, atau terjadi kerusakan saraf mata yang berat, dan sudah tidak mampu merespons terapi lainnya,” jelas Rini.

Menurutnya, prosedur implan glaukoma melibatkan pemasangan implan kecil di dalam mata (berupa tabung silikon kecil atau trabekular mikro) untuk membantu mengalirkan cairan agar keluar dari bola mata dan menurunkan tekanan intraokular.

Kegiatan ini sekaligus memperingati World Glaucoma Week 2023 berlangsung 12-18 Maret 2023. JEC telah memiliki JEC Glaucoma Service yang komprehensif dan modern bagi pasien glaucoma mulai tahapan edukasi dan konsultasi, diagnostik, serta tindakan medis hingga bedah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.