Dark/Light Mode

Terbukti Secara Sains, Puasa Ramadan Dorong Keseimbangan Tubuh

Kamis, 23 Maret 2023 15:47 WIB
Ilustrasi puasa (Foto: Istimewa)
Ilustrasi puasa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puasa Ramadan punya banyak manfaat. Tak sekadar bernilai ibadah, sebagaimana diwajibkan dalam Rukun Islam, puasa juga memiliki benefit kesehatan.

Ahli Biologi Molekuler Riza A Putranto mengungkap, puasa 1/2 hari selama 1 bulan penuh, terbukti secara sains mendorong homeostasis tubuh.

Menurut Cancer National Institute, homeostasis adalah status keseimbangan di antara seluruh sistem tubuh, agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

"Kinerja tubuh kita, basisnya adalah keseimbangan. Bahasa ilmiahnya, homeostasis," ujar Riza via Instagram, Kamis (23/3).

Baca juga : Beringin Kudu Hindari Kampanye Terselubung

Riza menjelaskan, homeostasis dijalankan mulai dari tingkat sel, jaringan, dan organ.  Membentuk sistem kerja tubuh.

Pada tataran fungsional terkecil, sel melakukan pembenahan manakala diperlukan dan memungkinkan.

"Salah satu momen pembenahan tersebut terjadi, kala tubuh memperlambat kinerja internalnya, yaitu pada saat puasa (fasting)," papar Riza.

Scientific Reports 2020 mempelajari manfaat puasa 1/2 hari (kurang lebih 12 jam), yang dilaksanakan selama 4 minggu pada manusia.

Baca juga : Kini, Pejabat KPK Disorot Warganet

Studi dilakukan pada 14 partisipan, yang menjalankan puasa Ramadan.

Hasilnya memperlihatkan beberapa indikator homeostasis. Seperti perbaikan kerusakan DNA, perbaikan keseimbangan gula darah, perbaikan metabolisme lemak (recheck kembali antara kebutuhan dan penyimpanan, remodelisasi sitoskeleton untuk mengokohkan sel, hingga perbaikan sistem imun (peningkatan vitalitas).

"Sel mengajarkan kita untuk berhenti sejenak, agar bisa melihat apa yang perlu diperbaiki. Semangat berpuasa bagi yang menjalankan," pungkas Riza. ■

 

Baca juga : Berhasil Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tangerang Kembali Raih Penghargaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.