Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Mengemudi Ke Lokasi Bukber Dengan Aman

Jumat, 24 Maret 2023 18:40 WIB
Ilustrasi mengemudi. (Foto: Ist)
Ilustrasi mengemudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada awal Ramadan, Bukber atau buka puasa bersama jadi kegiatan yang jadi bahan perbincangan. 

Hanya saja, seringkali lokasi bukber jauh dari rumah atau kantor sehingga Anda wajib mengemudi mobil menuju ke sana. Jalan cukup macet sehingga harus disiasati supaya dapat menuju tempat bukber dengan aman dan nyaman.

Istirahat Yang Cukup

Puasa dapat membuat seseorang cepat lelah dan emosi saat berkendara. Diperlukan istirahat yang cukup agar tetap dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Lebih lagi bila bukber dilakukan setelah bekerja seharian. Kurang istirahat dapat membuat Anda kehilangan fokus dalam perjalanan menuju lokasi bukber. Situasi ini berbahaya karena bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapkan Kendaraan Yang Dipakai

Baca juga : PAN: Larangan Bukber Jangan Disalahartikan...

Persiapkan pula kondisi mobil supaya tidak mengalami masalah di jalan. Pastikan AC mobil berfungsi normal supaya suasana di dalam kabin terasa sejuk dan nyaman. Periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek pula cairan kendaraan penting yang dapat mengganggu perjalanan jika habis atau rusak.

Datang Lebih Awal

Anda harus mempertimbangkan jarak kantor ke lokasi bukber dan rute yang akan dilalui. Kalau terlalu jauh atau berisiko macet, ada baiknya datang lebih awal. Anda dapat tetap melanjutkan pekerjaan yang belum selesai di sana sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Waspada Serangan Kantuk

Saat berpuasa, hal yang sering terjadi adalah serangan kantuk di siang hari. Untuk menghindarinya, jangan menyetel suhu AC mobil terlalu dingin yang dapat menambah rasa kantuk. Perhatikan pula makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur supaya cukup energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Jokowi Larang Pejabat Gelar Bukber, Ini Alasannya

Kendalikan Emosi Di Jalan

Saat puasa, godaan emosi cenderung meningkat lantaran rasa lapar pada tubuh. Selain itu, tingkat emosi yang tinggi juga membuat tubuh lebih cepat membakar kalori sehingga cepat lelah atau lemas. Jaga emosi saat berkendara dan tidak terpancing provokasi pengguna jalan lain yang melanggar aturan lalu lintas.

Pilih Rute Perjalanan dengan Baik

Atur waktu berkendara dan pilih rute yang tidak melalui daerah rawan macet ketika menuju tempat bukber. Hindari lokasi keramaian seperti pasar atau mal. Manfaatkan peta digital untuk membantu mencari rute terbaik. Jangan pergi mendekati Maghrib karena biasanya jalan macet.

Siapkan Bekal Buka Puasa Di Dalam Mobil

Baca juga : Tampil Tenang Kunci Gregor Lewati Rintangan Awal All England

Anda bisa membawa bekal buka puasa di dalam mobil. Sehingga, kalau belum sampai lokasi bukber, dapat buka puasa di perjalanan. Sediakan minuman non soda dan non kafein yang tidak terlalu panas atau dingin. Hindari makanan yang getas dan mudah berantakan saat digigit karena akan membuat kabin kotor. Bahkan dapat memicu kecelakaan kalau perhatian teralihkan.

“Kegiatan bukber atau buka bersama merupakan momen untuk silaturahmi dengan keluarga, sahabat, dan relasi bisnis. Namun, lokasi acara yang jauh atau kondisi jalan macet jelang waktu berbuka membutuhkan perhitungan supaya dapat sampai lokasi tepat waktu. Selain itu pastikan mobil yang digunakan dalam kondisi prima agar kegiatan AutoFamily dapat berjalan dengan lancar,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Jumat (24/3).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.