Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cuti Bersama Lebaran 2023 Ditambah, Catat 3 Wisata Paling Hits Jika Pulkam Ke Cilacap

Selasa, 28 Maret 2023 14:14 WIB
Alun-alun Kota Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@cilacapvisit)
Alun-alun Kota Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Instagram/@cilacapvisit)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) baru saja kasih bocoran bahwa cuti bersama lebaran tahun 2023 ditambah 2 hari lagi. Kamu bisa main ke 5 tempat wisata yang lagi ngehits ini jika pulang kampung ke Cilacap.

Menurut cerita Menhub, penambahan masa cuti bersama ini dilakukan setelah dirinya dan Kapolri mengusulkan agar tanggal cuti bersama dimajukan 2 hari dari keputusan sebelumnya tanggal 21 menjadi tanggal 19 April 2023.

"Sebelumnya cutinya sesuai SKB 21-26 April. Kami bersama Kapolri mengusulkan liburnya maju 2 hari, jadi 19 April sudah libur lalu masuk 26 April," kata Menhub BKS dikutip Selasa (28/3).

Menhub beralasan, dimajukannya tanggal cuti bersama lebaran ini untuk mengantisipasi penumpukan arus mudik yang diperkirakan volumenya meningkat di tanggal 21 April 2023.

"Itu karena secara tradisional keinginan mudik ini tinggi, dengan volume yang banyak," jelasnya.

Dengan usulan Menhub dan Kapolri ini, SKB baru terkait cuti bersama lebaran ini akan direvisi kembali.

"Saya rasa akan rapat dengan ketiga menteri," ungkapnya.

Baca juga : DPR: Antisipasi, Biar Lancar

Seperti diketahui, jika merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi, cuti bersama dimulai dari tanggal 21 sampai tanggal 26 April 2023.

Dengan penambahan masa cuti bersama lebaran ini, tentu menambah waktu kamu untuk healing bersama keluarga.

Jika pulkam ke Cilacap, simak 3 rekomendasi wisata yang lagi ngehits di daerah berjuluk kota bercahaya ini:

1. Water Park Tirtamas Indah

Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Rinjani, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini cocok untuk liburan wisata bersama keluarga.

Wahana permainan airnya luas dan banyak pilihan permainannya. Selain itu, airnya bersih dan tidak terlalu bau kaporit.

Tempat wisata keluarga ini buka setiap hari kecuali hari Senin. Jam buka dari hari Selas sampai Kamis dimulai pukul 8 pagi sampai 5 sore WIB.

Baca juga : Stok Beras Jatim Akhir 2022 Melimpah, Siap Pasok Ke Wilayah Lain

Berbeda di hari Sabtu, yang buka jam 7 pagi sampai jam 5 sore WB. Sementara hari Minggu buka jam 8 sampai jam 6 sore WIB.

Area parkir di Water Park Tirtamas Indah ini terbilang luas. Tarif parkirnya juga murah: motor di kisaran Rp 2 ribu sementara mobil Rp 3 ribu.

Tiket masuk ke tempat wisata ini Rp 22 ribu di hari Minggu dan tanggal merah. Sementara di weekday, tiketnya dipatok Rp 16 ribu perorang. Baik anak-anak maupun dewasa. Khusus untuk anak di bawah 1 tahun gratis, tanpa harus membeli tiket.

2. Alun-alun Cilacap

Alun-alun Cilacap adalah salah satu tempat yang favorit warga Cilacap berkumpul bersama keluarga. Terutama di malam hari.

Lokasinya berada di jantung kota Cilacap, dan ada spot foto yang paling diminati di kota ini yaitu; huruf timbul menyala yang bertuliskan Cilacap Bercahaya. Selain spot ini, ada juga spot instagramable lainnya yakni air mancur.

Di sini, Anda juga mudah menemukan berbagai kuliner atau camilan dari UMKM Cilacap, seperti sate, kerak telor, cilok, martabak dan lainnya. Ada juga permainan anak-anak seperti odong-odong, mewarnai hingga mandi bola. Biayanya murah, cuma Rp 5 ribuan sampai Rp 10 ribuan saja.

Baca juga : Pertamina Salurkan Bantuan Hingga Rp 948 Juta Untuk Pulihkan Cianjur

Di dekat alun-alun Cilacap ini ada masjid megah, yang bisa dipergunakan oleh pengunjung untuk menunaikan shalat.

3. Pantai Teluk Penyu

Pantai cantik ini berada di Kelurahan Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan. Dari pantai ini, kita bisa menikmati indahnya pemandangan pulau Nusakambangan.

Selain itu, air lautnya jernih dan pasirnya relatih putih. Di sini tumbuh pohon-pohon rindah dan tersedia tempat nongkrong yang cukup asik sambil menyaksikan perahu-perahu nelayan dan kapal-kapal besar yang hilir mudik ke pelabuhan.

Di pantai ini pula, tersedia berbagai souvenir yang terbuat dari kerang, pasar ikan dan aneka masakan hasil laut.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News . Mari bergabung juga di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.