Dark/Light Mode

Busana Muslim Zaskia Mecca hingga Ria Miranda Kebanjiran Pesanan di Tokopedia

Senin, 3 April 2023 22:29 WIB
CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca Muhammad Haykal Kamil.(Foto: Istimewa)
CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca Muhammad Haykal Kamil.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan Ramadan yang identik dengan silaturahmi, cenderung mengubah pola konsumsi masyarakat termasuk akan pakaian. Buka puasa hingga Lebaran mendorong masyarakat lebih banyak belanja pakaian.

Data. Kementerian Perindustrian menyatakan kinerja industri Tekstil dan Pengolahan Tekstil (TPT) pada 2022 menunjukkan hasil yang baik.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan konsumsi pakaian melonjak tajam pada kuartal-kuartal berlangsungnya Ramadan.

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) pun mengatakan permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30 persen pada Ramadan 2022 dibandingkan 2021.

Baca juga : DPR Minta Tahapan Pemilu Jangan Sampai Terganggu

“Di Tokopedia, selama Ramadan 2022, fashion (termasuk fashion muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo dalam keterangannya, Senin (3/4).

Tren belanja awal Ramadan 2023 yakni penjualan gamis atau kaftan naik 2,5 kali, sementara baju koko 3,5 kali. Melalui program Ramadan in Style, para desainer lokal bersama toko online di Tokopedia mampu memanfaatkan dengan cara meluncurkan produk secara eksklusif.

Mulai dari fitur flash sale, diskon hingga cashback yang mampu mendongkrak penjualan. Ramadan in Style menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fesyen muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan, contohnya Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018, bisnis Ria Miranda makin maju dan dikenal lebih banyak orang. Di awal tahun 2023, penjualan Ria Miranda di Tokopedia naik sekitar 127 persen, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022,” papar Chief Commercial Office Ria Miranda, Yaya Wulandari. Ria Miranda kini bisa memberdayakan hampir 200 karyawan.

Baca juga : Dubes Kanada Nadia Burger, Peringati Hari Perempuan Internasional Dengan Speed Mentoring

Sementara merek fashion muslim ZM Zaskia Mecca kini memberdayakan lebih dari 2.000 pekerja di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Pekalongan dan Jepara. Bergabung di Tokopedia pada 2017, terbantu oleh kampanye dan fitur dari Tokopedia.

“Eksposur dan penjualan makin meningkat. Kami bahkan bisa mendapatkan ribuan pesanan dan omzet miliaran saat Ramadan lewat Tokopedia,” jelas CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca, Muhammad Haykal Kamil.

Sementara itu, Fatih Indonesia yang didirikan Fahmi Hendrawan pada tahun 2015, menawarkan berbagai baju muslim laki-laki dengan unsur batik khas Indonesia.

“Bergabung di Tokopedia sejak 2021. Kini hampir 40 persen penjualan Fatih Indonesia berasal dari Tokopedia,” jelas CEO dan Founder Fatih Indonesia Fahmi.

Baca juga : Jasa Marga dan PTBA Lanjutkan Pengembangan PLTS di Jalan Tol

Fahmi, yang dulu pernah magang menjadi tukang jahit, saat ini berhasil memberdayakan sekitar 30 karyawan termasuk penjahit batik artisan di Garut, Tasikmalaya, Solo dan Bengkulu–lewat bisnis yang ia bangun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.