Dark/Light Mode

Ciptakan Ruang Belajar Anak Yang Menyenangkan

HEI Schools Senayan Terapkan Kurikulum Finlandia

Senin, 10 April 2023 16:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - HEI Schools Senayan, cabang pertama sekolah PAUD dan TK asal Finlandia di Indonesia, membawa metode pembelajaran Finlandia untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Indonesia.

Kurikulum Finlandia ini dipadukan dengan kurikulum lokal, agar anak-anak bisa beradaptasi dan memiliki ruang belajar yang menyenangkan. 

Konsep tersebut resmi diperkenalkan melalui gelar wicara bertemakan ”HEI Schools Senayan: Building the Best Learning Environment through Play” yang berlokasi di bilangan Senayan, Jakarta Selatan.

Kurikulum di HEI Schools disusun dan selalu diperbarui mengikuti kebutuhan perkembangan anak usia dini di seluruh dunia, serta berdasarkan hasil temuan riset Universitas Helsinki yang diakui dunia internasional.

Baca juga : Menyemarakkan KA Di Sulawesi Selatan

Bertindak selaku co-founder jaringan HEI Schools, universitas tertua dan terbesar di Finlandia ini juga rutin mengelola riset dan menyampaikan informasi terbaru seputar pendidikan anak usia dini ke jaringan HEI Schools di seluruh dunia.

Salah satu hasil riset terpenting mereka adalah perlunya lingkungan yang memaksimalkan masa emas anak-anak secara holistik.

"Kita seringkali menganggap remeh kekuatan bermain,” ujar pakar pendidikan anak Damar Wijayanti.

Padahal, melalui bermain, anak-anak sedang mengumpulkan pengalaman-pengalaman sebagai fondasi kuat untuk perkembangan optimal mereka.

Baca juga : Ini 4 Arahan Gubernur Ganjar Percepatan Penanganan Kemiskinan Di Jateng

Ketika bermain, anak juga memiliki kesempatan untuk melakukan kesalahan dalam konteks yang aman. Hal ini akan membantu mereka mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang sebuah konsep yang sedang dipelajari.

"Riset membuktikan bermain adalah cara alami anak usia dini untuk belajar. Dengan cara ini, mereka bisa belajar keterampilan penting secara spontan dan tanpa batasan seperti keterampilan sosial emosional melalui cara berinteraksi dan bernegosiasi dengan anak lain,” ujar Arthalia Larsen, HEI Schools Senayan Director dalam siaran pers dikutip Senin (10/4).

Salah satu sarana belajar di HEI Schools Senayan adalah area taman bermain di dalam sekolah bernama HEI Playcabin.

Empat menara menjulang dengan tingkat ketinggian yang berbeda, disambungkan dengan jembatan-jembatan dari tali tambang dan material menyerupai kayu.

Baca juga : Menciptakan Iklim Pembelajaran Menyenangkan Lewat Persahabatan Indonesia-Jepang

HEI Playcabin didesain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat unik anak-anak dalam mengeksplorasi dirinya dan membangun relasi sosial dengan teman-temannya.

Penamaannya pun diberikan sendiri oleh anak-anaknya, dengan demikian ada rasa memiliki terhadap area bermain tersebut.

Novi Tandjung, orangtua dari salah satu murid HEI Schools Senayan menyukai konsep belajar HEI Schools yang mementingkan bermain.

Dia percaya, cara ini memuaskan masa kecil anaknya tanpa mengesampingkan kebutuhan akademis untuk masuk jenjang pendidikan sekolah dasar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.