Dark/Light Mode

KILA Sukses Bangkitkan Lagu Anak Indonesia

Sabtu, 26 Agustus 2023 08:25 WIB
Pentas musik anak Indonesia Gapai Mimpi Bersama Sahabat. (Foto: Ist)
Pentas musik anak Indonesia Gapai Mimpi Bersama Sahabat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pentas musik anak Indonesia 'Gapai Mimpi Bersama Sahabat' berlangsung meriah di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbudristek, Jumat (25/8).

Ini merupakan ajang simbol suksesnya program Kita Cinta Lagu Anak (KILA) di tahun keempat berupa lomba cipta, aransemen, dan menyanyi lagu anak.

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengapresiasi, KILA yang sejauh ini menjaring 3500 peserta lebih. Bukti masih ada musik berkualitas yang membangkitkan kembali kejayaan lagu anak Indonesia. KILA sekaligus menegaskan semangat Merdeka Belajar. 

Baca juga : Dubes RI Untuk Rumania Sambut Atlet Timnas Esports Indonesia

"Fokus KILA pada upaya pencegahan intoleransi, perundungan dan berbagai bentuk kekerasan di lingkungan pendidikan," terang Nadiem. 

"Melalui lagu anak berkualitas, kita libatkan peserta didik sebagai agen perubahan aktif," tandasnya. 

Direktur Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra menambahkan, 2023 jadi ajang sosialisasi karya pemenang lomba cipta lagu anak KILA. 

Baca juga : Kesinambungan Program Jokowi Dibutuhkan Untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

"Para peserta lomba cipta lagu menghadirkan karya terbaik dengan membawa misi komunikasi positif tentang cita-cita, persahabatan dan perilaku positif," tuturnya. 

"Dengan KILA diharapkan makin banyak koleksi lagu yang ringan, menarik dan mudah diterima oleh anak-anak Indonesia,” imbuh Mahendra.

Pentas 'Gapai Mimpi Bersama Sahabat'  hadir dengan format drama musikal. Tampil anak-anak pemenang KILA 2022-2023 membawakan lagu karya KILA seperti Aku dan Temanku, Pasti Bisa, Gapai Cita Cita dan Namaku dalam Doamu.

Baca juga : Sikap Religius Rakyat Indonesia Panen Pujian

Para penonton yakni siswa dan guru antusias menyaksikan anak-anak KILA tampil menggemaskan dengan busana adat daerah. Acara juga mengapresiasi pemenang KILA 2023, para pencipta lagu dan aransemen, serta pendukung lain, dengan penghargaan dan hadiah uang jutaan rupiah. 

"Tidak banyak produser musik yang tertarik untuk mempopulerkan lagu anak. Itu sebabnya kami sosialisasikan agar lagu anak semakin populer dan dicintai," tutup Mahendra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.