Dark/Light Mode

Bangkitkan Lagi Bisnis Rakyat Kecil

Sabtu, 19 Agustus 2023 06:08 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian besar bisnis rakyat kecil yang gulung tikar akibat pan­demi Covid-19, belum bisa bangkit kembali. Ada yang mulai merintis lagi usahanya, tetapi karena modal­nya sangat terbatas, mereka pun kini terseok-seok.

Untuk bisa bangkit lagi, para peda­gang kaki lima, pedagang gorengan dan asongan yang ada di sekitar perkantoran, pertokoan atau sekolah butuh bantuan modal.

Hal serupa diharapkan warung-warung sembako yang ada di perkam­pungan padat penduduk. Untuk bisa bernapas, mereka butuh pinjaman tanpa bunga.

Baca juga : Saatnya Stop Politik Uang

Untuk bisnis rakyat kecil yang su­dah bisa bernapas lagi, kita berharap, pemerintah segera mengucurkan pin­jaman dengan bunga super murah. Ini penting supaya mereka bisa bangkit lebih cepat.

Kita juga berharap, bisnis rakyat kecil yang sudah bernapas lagi, segera naik kelas. Untuk ini, mesti ada kucuran kredit khusus, antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta, dengan bunga ringan.

Supaya bisnis rakyat kecil bisa tumbuh lebih cepat, kita berharap pemerintah provinsi, kota dan kabupaten menyiapkan lokasi khusus yang strategis untuk pedagang kaki lima dan usaha kerajinan rakyat.

Baca juga : Ancaman Kekeringan

Kita berharap, pemerintah daerah memproteksi penuh bisnis rakyat kecil. Tak boleh ada lagi pungutan-pungutan yang memberatkan pelaku bisnis.

Kalau masih ada oknum yang be­rani melakukan pungutan liar, kepala daerah harus secepatnya mengambil tindakan tegas.

Sudah saatnya pula para gubernur, walikota dan bupati fokus pada upaya membangkitkan lagi bisnis rakyat kecil. Sebab, hanya dengan bisnis rakyat kecil yang sehat, ekonomi daerah bisa tumbuh signifikan.

Baca juga : Awas, Beras Tak Boleh Langka

Pertumbuhan ekonomi nasional kuartal II tahun 2023 masih cu­kup baik, yaitu 5,17 persen. Kalau pemerintah pusat dan pemerintah daerah memberikan stimulus dan insentif yang lebih besar lagi untuk bisnis rakyat kecil, ekonomi negeri ini pada kuartal IV diramalkan bisa tumbuh lebih dari 5,3 persen.

Pada saat industri padat modal kesulitan menciptakan lapangan kerja, bisnis rakyat kecil bisa jadi alternatif untuk menampung ratusan ribu angkatan kerja baru.

Jadi sesungguhnya sangat besar peran bisnis rakyat kecil dalam menopang perekonomian nasional. Kalau bisnis rakyat kecil kokoh, ekonomi negeri ini dipastikan akan lebih tahan banting.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.