Dark/Light Mode

Survei Herbalife: 77 Persen Konsumen Asia Pasifik Sadar Kesehatan

Kamis, 31 Agustus 2023 22:01 WIB
Vice President for Nutrition Training Herbalife Luigi Gratton (Foto: Istimewa)
Vice President for Nutrition Training Herbalife Luigi Gratton (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 mengubah kehidupan sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal itu juga bisa diartikan sebagai panggilan untuk mempertimbangkan bagaimana merawat tubuh dan mengelola kesehatan mental setiap hari.

Vice President for Nutrition Training Herbalife Luigi Gratton mengatakan, perubahan ini terkonfirmasi dalam Survei Herbalife Asia Pacific Health Priority terbaru. Dilakukan pada April 2023, survei ini menemukan bahwa pandemi mendorong konsumen di wilayah Asia Pasifik untuk mengevaluasi kembali prioritas mereka, dengan 77 persen menjadi lebih sadar akan kesehatan.

Survei tersebut mengungkapkan, hampir 7 dari 10 konsumen di Asia Pasifik telah menggeser prioritas kesehatan mereka sebagai hasil dari pandemi. Tujuan kesehatan utama yang saat ini menjadi fokus adalah peningkatan kesehatan secara keseluruhan (51 persen), peningkatan kekebalan tubuh (46 persen), menjaga kualitas tidur lebih yang baik (46 persen), kebiasaan makan yang sehat (42 persen), dan meningkatkan kesehatan mental (40 persen).

Generasi muda lebih peka terhadap pentingnya kesehatan mental: 46 persen memberikan prioritas pada kesehatan mental pasca pandemi, dibandingkan dengan 34 persen dari generasi yang lebih tua. Bagi Generasi X dan Boomer, kekebalan tubuh yang lebih kuat menjadi fokus utama: 10 dari mereka bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka, bersamaan dengan 42 persen dari Generasi Z dan Milenial yang lebih muda. Untuk mencapai tujuan tersebut, 85 persen dari responden yang disurvei sedang aktif melakukan perubahan gaya hidup positif.

“Secara keseluruhan, survei tersebut mengungkapkan bahwa orang semakin memprioritaskan kesehatan, menghargai pentingnya pendekatan proaktif dan holistik terhadap kesehatan fisik dan mental. Berita baiknya adalah, konsumen di Asia Pasifik menjadi proaktif terhadap kesehatan dan gaya hidup. Mengonsumsi makanan yang tepat diimbangi dengan olahraga teratur dan dukungan sosial dari kelompok/komunitas adalah dasar-dasar kunci kehidupan sehat,” ungkap Luigi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (31/8).

Nutrisi untuk Kesehatan

Baca juga : Tangani Dampak Polusi Udara, Kemenkes Siapkan 740 Fasilitas Kesehatan

Nutrisi memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan secara keseluruhan. Agar terus dalam kondisi terbaik, tubuh memerlukan campuran nutrisi yang kompleks, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang tepat, serta cairan untuk menjaga hidrasi.

“Di Herbalife, kami menyarankan, 30 persen asupan kalori harian berasal dari protein tanaman atau hewan yang rendah lemak; dan 40 persen lagi dari kalori berasal dari karbohidrat bermanfaat (biji-bijian utuh, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan) yang merupakan bahan bakar yang diperlukan untuk aktivitas harian,” jelasnya.

Luigi melanjutkan, tubuh juga memerlukan sedikit lemak dalam pola makan agar berfungsi dengan baik. Pastikan lemak yang dikonsumsi adalah jenis yang tepat, seperti lemak dari ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat. “Karena lemak merupakan sumber kalori yang sangat terkonsentrasi, kami merekomendasikan agar Anda membatasi asupan lemak tidak lebih dari 30 persen dari asupan kalori harian,” imbuhnya.

Selanjutnya, tubuh memerlukan vitamin dan mineral. Salah satu cara meningkatkan ini dengan mengambil suplemen bersama dengan fitonutrien yang dihasilkan oleh tanaman melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah yang banyak.

Dia melanjutkan, tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Oleh karena itu, hidrasi yang tepat sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh yang sehat. Terutama dalam cuaca panas, ingatlah untuk tetap terhidrasi dengan minum cukup air sesuai kebutuhan.

Olahraga Teratur

Baca juga : Survei Y-Publica: Rekor Kepuasan 81,6 Persen, Jokowi Penentu Pilpres

Gaya hidup aktif yang mencakup latihan fisik teratur telah terbukti meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kebugaran kita. Ini juga merupakan cara yang baik untuk melawan stres.

Apa kuncinya untuk tetap aktif? Rencana personal dengan tujuan yang realistis dan kegiatan yang menyenangkan membantu menjaga motivasi kita untuk berada di jalur yang tepat. Berkomitmen melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama sekitar 30 menit sebanyak lima kali seminggu adalah ideal untuk kesehatan secara umum. Namun, penting untuk menyesuaikan jadwal ini sesuai dengan tujuan kebugaran dan memastikan latihan tetap bebas stres dan menyenangkan, baik itu berjalan, lari, bersepeda, atau berenang.

“Pertimbangkan juga untuk bergabung dengan grup lari atau olahraga di sekitar. Apapun yang dilakukan, pilihlah aktivitas yang dinikmati sehingga lebih cenderung mempertahankannya. Konsistensi adalah kunci,” terang Luigi.

Dukungan Komunitas

Luigi menyatakan, membentuk rutinitas sehat dapat lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mengikuti rencana latihan dan makan yang lebih sehat memerlukan usaha, komitmen, dan dedikasi, hal ini dapat menjadi sulit terutama bagi mereka yang mencoba mencapai kesuksesan sendiri. Dalam Herbalife Asia Pacific Health Priority Survey, konsumen Asia Pasifik mengidentifikasi kurangnya waktu (45 persen) dan kurangnya motivasi (39 persen) sebagai tantangan utama yang menghalangi mereka untuk mencapai tujuan kesejahteraan mereka.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, mayoritas yang sangat besar (84 persen) dari responden mengakui pentingnya memiliki support group untuk perjalanan kesehatan dan gaya hidup mereka. Memang, dukungan sosial dapat membuat perbedaan nyata ketika berusaha menjalani kehidupan yang lebih sehat. Menjadi bagian dari support group, memberi kita rasa memiliki dengan orang-orang yang memiliki tujuan serupa sehingga dapat memberikan motivasi dan dukungan sepanjang perjalanan usaha kita dalam menuju gaya hidup sehat yang berkelanjutan.

Baca juga : Menkes: Indonesia Dukung Bahas 3 Agenda Kesehatan

Dukungan sosial juga dapat memberikan rasa akuntabilitas, yang sangat penting ketika menghadapi kemunduran karena dapat membantu tetap berkomitmen pada tujuan kesehatan.

“Memelihara gaya hidup dan kesehatan optimal adalah komitmen seumur hidup, setiap hari. Makan dengan baik, berolahraga secara teratur, dan bergabung bersama orang-orang yang memiliki pandangan yang sejalan, Anda akan berada dalam perjalanan yang baik menuju gaya hidup sehat yang berkelanjutan,” tutup Luigi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.