Dark/Light Mode

Matching Fund Kedaireka 2023

Gandeng Spora EV, Kalbis Institute Hadirkan Kendaraan Listrik

Kamis, 14 September 2023 15:20 WIB
Kalbis Institute berkolaborasi dengan Spora EV berhasil mendapatkan Pendanaan Matching Fund Kedaireka 2023 yang diadakan Kemdikbudristek. (Foto: Istimewa)
Kalbis Institute berkolaborasi dengan Spora EV berhasil mendapatkan Pendanaan Matching Fund Kedaireka 2023 yang diadakan Kemdikbudristek. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Fasilitas packaging box yang praktis dan ergonomis dengan material ramah lingkungan yang terintegrasi dengan kendaraan listrik, diyakini mampu membantu re-branding Starling sehingga semakin diapresiasi dan dipercaya dalam hal mutu layanan dan kualitas produk.

Selain dampak ekonomi, produk e-Moped integratif dan ergonomis tersebut dirancang untuk mendukung program nasional konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Chief of Growth Spora EV, Sarwono Kusumo Bawono mengatakan, dalam arus deras perubahan moda transportasi, dari berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan.

Baca juga : Begini Jurus Kemenperin Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

"Hal ini sangat penting kita juga dapat berperan sebagai penghasil teknologi dan inovasi, jangan sampai kita kembali hanya menjadi pasar," ujar Sarwono dalam keterangannya, Kamis (14/9).

Ia menjelaskan, rintisan kerja sama riset antara Kalbis Institute dan Spora EV ini merupakan upaya nyata kolaborasi antara dunia pendidikan dengan industri untuk bersama menghasilkan teknologi dan produk yang berdampak langsung ke pasar.

Hal ini juga direspon positif oleh Dr. Siti Nurjanah, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Kalbis Institute.

Baca juga : Dukung KTT Ke-43 ASEAN, PLN Indonesia Power Hadirkan Pasokan Listrik Andal dan Aman

“Kami berharap dengan adanya kolaborasi kreatif dengan Spora Ev, memungkinkan kita untuk mengembangkan potensi yang dimiliki kedua belah pihak. Sinergi ini terus akan dilanjutkan untuk menghasilkan inovasi inovasi baru," ujar Siti Nurjanah.

Ia menjelaskan, project riset kedua Kalbis Institute dan Spora EV lebih berfokus pada penciptaan speedometer kendaraan listrik yang mendukung kenyamanan pengguna, sekaligus menjadi barang substitusi yang membantu melepaskan ketergantungan pada barang-barang impor.

Sementara itu Sarwono menambahkan, Spora EV berharap agar kolaborasi riset ini dapat meningkatkan nilai tambah, baik konten lokal atau TKDN, khususnya yang bersifat IP atau intellectual property bagi produk kendaraan listrik yang didesain dan diproduksi di dalam negeri.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 30 Agustus, Hadir Di Giant Kreo Larangan

"Diharapkan, ke depan, akan lebih banyak lagi area riset yang dapat dikembangkan bersama, yang hasilnya bisa menjadi usaha-usaha rintisan baru (startup) teknologi baru dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat dan pasar,” ujar Sarwono.

Sementara itu Ketua Program Studi Sistem Informasi Kalbis Institute Lufty Abdillah mengatakan dengan adanya inovasi yang solutif dan bermanfaat.

"Semoga semakin menguatkan kerja sama antara Kalbis Institute dengan mitra industri (Spora EV) dalam mendukung program elektrifikasi kendaraan,” ujar Lufty.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.