Dark/Light Mode

Jangan Takut Kehabisan Setrum

Catat, Ini Lokasi 40 Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Di Jakarta

Minggu, 13 Agustus 2023 14:54 WIB
Petugas mengisi daya listrik untuk mobil listrik di Stasiun Pengisian Listrik Umum SPLU di PLN Gambir, Jakarta. (Foto: Randy/RM)
Petugas mengisi daya listrik untuk mobil listrik di Stasiun Pengisian Listrik Umum SPLU di PLN Gambir, Jakarta. (Foto: Randy/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilik atau calon pemilik kendaraan listrik di Jakarta tidak perlu khawatir. Takut kendaraannya kehabisan daya saat tengah berkendara di Ibu Kota. Sebab PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya terus berupaya menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengatakan, penyedian stasiun pengisian daya kendaraan listrik ini selain bentuk pengurangan polusi udara, juga sebagai upaya dukungan kepada pemerintah dalam mencapai netral karbon pada tahun 2060. 

“PLN akan terus bergandengan tangan, bersinergi, dan melangkah bersama dalam satu irama menuju arah Indonesia yang bersih dan sehat,” kata Lasiran kepada Rakyat Merdeka, Minggu (13/8).

Baca juga : Legenda Timnas, Banker dan Politisi Unjuk Kekuatan

Selain itu, PLN juga sudah dan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik. Diungkap Lasiran, data Juli 2023, sudah ada 40 lokasi SPKLU dengan kapasitas 64 charger. 

Tahun 2023, PLN UID Jakarta Raya akan menambah 13 SPKLU tersebar di beberapa lokasi. Di antaranya, mulai dari kantor-kantor PLN, rest area, hingga pusat perbelanjaan, seperti Rest Area KM.6 Cikampek, Bandara Halim, JGC Marunda, dan PIK Golf Island. SPKLU digunakan untuk pengisian mobil listrik.  

“Sedangkan untuk motor listrik, PLN menyediakan SPLU dan SPBKLU. Total SPLU di Jakarta sampai saat ini yaitu 3.256 buah. SPBKLU di Jakarta tersebar di 245 lokasi dengan total 290 kabinet,” jelasnya. 

Baca juga : Bodetabek Penyumbang Emisi Terbesar Di Jakarta

Kini, pemilik kendaraan listrik juga dapat mencari lokasi stasiun pengisian daya di aplikasi PLN Mobile. Di aplikasi tersebut erdapat menu Electric Vehicle untuk mengetahui lokasi SPKLU/SPLU/SPBKLU terdekat. 

“Berdasarkan data yang dihimpun PLN UID Jakarta Raya, mulai dari Januari - Juli 2023, SPKLU yang ada di Jakarta terjadi 17.167 kali transaksi dengan total penjualan kWh sebesar 343.846 kWh,” ujar Lasiran.

Berikut rincian 40 lokasi SPKLU yang sudah ada di Jakarta:
1. SPKLU PLN Pusat 
2. SPKLU PLN UID Jakarta Raya
3. SPKLU PLN UP3 Bulungan 
4. SPKLU PLN UP3 Lenteng Agung 
5. SPKLU PLN UP3 Tanjung Priok 
6. SPKLU PLN UP3 Jatinegara 
7. SPKLU PLN UP3 Kebon Jeruk 
8. SPKLU PLN UP3 Bandengan 
9. SPKLU PLN UP3 Cempaka Putih 
10. SPKLU PLN UP3 Pondok Kopi 
11. SPKLU PLN UP3 Kramat Jati 
12. SPKLU PLN UP3 Marunda 
13. SPKLU PLN UP3 Ciracas 
14. SPKLU PLN UIPJBB 
15. SPKLU PLN Puslitbang 
16. SPKLU DJK 
17. SPKLU Rest Area KM 06 Jkt – Cikampek 
18. SPKLU Pos Fatmawati 
19. SPKLU AEON JGC 
20. SPKLU AEON TJB 
21. SPKLU DPR MRP 
22. SPKLU Sekretariat Presiden 
23. SPKLU Kementerian BUMN 
24. SPKLU Summitmas 
25. SPKLU TMII 
26. SPKLU L’Avenue Pancoran 
27. SPKLU Wisma Indomobile Jl. MT Haryono 
28. SPKLU BBG Plaza Mandiri 
29. SPKLU KFC Artha Gading 
30. SPKLU KFC Kebon Jeruk 
31. SPKLU Menara BNI 
32. SPKLU Graha BNI 
33. SPKLU BRI 
34. SPKLU DAMRI 
35. SPKLU BTN 
36. SPKLU Rest Area KM 10.6 (HVT) 
37. SPKLU Ramayana Asuransi 
38. SPKLU Indomobil PIK 
39. SPKLU Sekretariat Presiden 
40. SPKLU Mobile.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.