Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Hari Batik Nasional, Perancang Agnes Budhisurya Gelar Pameran Di Sarinah

Selasa, 3 Oktober 2023 23:08 WIB
Hari Batik Nasional, Perancang Agnes Budhisurya Gelar Pameran Di Sarinah

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Perancang Busana Agnes Budhisurya menghadirkan sebuah pameran fashion yang memadukan tradisi dan inovasi.

Acara digelar di Gedung Sarinah, Jakarta. Kurang lebih 30 hasil rancangan Agnes yang ditampilkan dalam event ini.

Baca juga : Hari Batik Nasional, BNI Dukung Pagelaran Istana Berbatik

Tanpa panggung, para model, sosialita berusia antara 40 hingga 80 tahun, berjalan dengan anggun di depan tatanan boneka manekin yang mengenakan gaun batik dalam berbagai rancangan.

Agnes dengan kreativitasnya, memperkenalkan cara baru dalam merayakan batik. Dengan kebiasaannya yang unik untuk menggunting corak-corak batik dan menatanya kembali pada lembaran kain atau gaun, ia menciptakan sentuhan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Baca juga : Peringati Hari Batik Nasional, Mendikbduristek Resmikan Museum Batik Indonesia

Corak batik yang telah digunting ini tidak hanya menjadi bagian dari gaun, tetapi juga diaplikasikan sebagai aksesori, seperti kalung atau corsage, menambah keanggunan dan kedalaman pada setiap rancangan.

Selain itu, Agnes juga memperkenalkan apa yang disebutnya sebagai "batik lukis". Dengan bantuan pengrajin batik dari Jogya, Sragen, dan Pekalongan, Agnes mengirimkan desain dan gambar keseluruhannya pada selembar kertas dengan skala 1:1.

Baca juga : Mahfud MD Ingatkan Pentingnya Sila Ketiga Di Tahun Pemilu

Setelah proses canting selesai, kain tersebut dikembalikan ke Jakarta untuk diberikan sentuhan akhir oleh Agnes dengan pewarnaan menggunakan kuas lukis. Hasilnya adalah batik dengan warna yang bebas dan bergradasi, mencerminkan sentuhan spontan dan penuh perasaan dari sang perancang.

Dalam acara ini, Agnes tidak hanya menampilkan batik, tetapi juga memadupadankan batik dengan corak nusantara lainnya, menciptakan harmoni visual yang memukau. Ia mengajak, semua pihak untuk menghargai tradisi, sambil tetap berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.