Dark/Light Mode

Perluas Pasar UMKM Bangkalan

Relawan Pemuda Mahasiswa Ganjar Gelar Pelatihan Digital Marketing

Minggu, 24 September 2023 20:16 WIB
Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN Jawa Timur Jatim sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing, Minggu (24/9). (Foto: Ist)
Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN Jawa Timur Jatim sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing, Minggu (24/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Jawa Timur (Jatim) sebagai relawan pendukung Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing, Minggu (24/9).

Pelatihan yang dilaksanakan di Desa Buluh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Jatim ini, diikuti puluhan anak muda, milenial, hingga mahasiswa dari berbagai daerah di Bangkalan.

Koordinator Daerah PMN Bangkalan, Arief Juniyardi mengatakan bahwa pelatihan digital marketing dilaksanakan dengan tujuan memperluas pasar UMKM yang dikelola anak muda di Bangkalan. 

Baca juga : Serap Aspirasi Warga, Relawan Resmikan Branding Desa Ganjar Pranowo Di Tegal 

"Harapan saya semoga lebih baik lagi pemasaran UMKM dan lebih luas dan ditingkatkan lagi level UMKM yang ada di Bangkalan," kata Arief. 

Menurutnya, masih banyak anak muda di Bangkalan yang belum memahami apa itu digital marketing. Sehingga usaha milik para pemuda tersebut sulit untuk berkembang.

"Di kalangan pemuda Bangkalan sendiri, teman-teman lebih dominan berjualan di tempat. Kurang pemahaman digital marketing tersebut, entah cara mengakses pembuatan toko di media online," jelasnya. 

Baca juga : Relawan Civitas Ganjar Gelar Diskusi Kebangsaan Dan Doa Bersama Generasi Muda

Padahal, digital marketing dinilai oleh relawan, sangat penting untuk menjalankan sebuah usaha. PMN Jatim mendorong peserta agar bisa menjalankan bisnisnya dengan mengikuti perkembangan zaman. Seiring berkembangnya bisnis lewat digital marketing nantinya, maka keuntungan yang didapat juga akan terus bertambah. 

Sebab itu, dalam pelatihannya relawan ini mengedukasi peserta mulai dari pengenalan dasar-dasar digital marketing, cara membuat toko di marketplace online, hingga cara membranding produk usaha mereka. 

"Semoga lebih luas lagi pemahaman terkait digital marketing, pemahaman branding sosial di produk sendiri, sehingga teman-teman bisa melakukan optimalisasi digital marketing (produk mereka)," tutur Arief. 

Baca juga : Ganjar Berkomitmen Bangun Industri Digital Untuk Indonesia Emas

Kegiatan yang disebutnya terinspirasi dari sosok Ganjar yang peduli pada sektor UMKM dan kegiatan kepemudaan ini, akan teruskan oleh PMN Jatim. 

"Kegiatan berikutnya ada di beberapa titik di Jawa Timur, terdekat di Sidoarjo itu ada pelatihan public speaking di tingkat pemuda dan kalangan mahasiswa," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.