Dark/Light Mode

Kerek Kualitas Angkatan Kerja Muda, IPMI Gandeng Prosple Indonesia

Kamis, 30 November 2023 13:22 WIB
Rektor IPMI International Business School, Prof. Aman Wirakartakusumah dalam acara IPMI-Prosple MOU Signing and Career Talk di Jakarta, Senin (27/11/2023). (Foto: Ist)
Rektor IPMI International Business School, Prof. Aman Wirakartakusumah dalam acara IPMI-Prosple MOU Signing and Career Talk di Jakarta, Senin (27/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tantangan terbesar yang dihadapi mahasiswa bukanlah saat melakukan proses pendidikan, melainkan ketika lulus kuliah. Pasalnya, kemampuan dunia usaha dalam menyerap tenaga kerja berpendidikan sarjana di Indonesia masih rendah.

"Masih ada gap besar antara lulusan kampus dengan kebutuhan industri yang mengakibatkan tingginya pengangguran tenaga kerja berpendidikan tinggi. Karena itulah, IPMI terus melakukan pembenahan terhadap program studi dan kurikulum yang bisa menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi," kata Rektor IPMI International Business School, Prof. Aman Wirakartakusumah dalam acara IPMI-Prosple MOU Signing and Career Talk di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, tenaga kerja muda dengan latar belakang pendidikan tinggi masih perlu diperkuat dengan pendidikan vokasi sehingga bisa selaras dengan dunia usaha dan dunia industri, sehingga angkatan kerja muda sudah punya budaya kerja dan memiliki keterampilan serta karakter unggul yang mendukung kemajuan perusahaan.

Baca juga : PLN Gandeng 5 Perusahaan Dunia

Prof. Aman juga mengajak Prosple Indonesia untuk mendukung peningkatan kualitas angkatan kerja muda dengan membuat program yang berbasis industri. "Kita bisa berkolaborasi untuk mendongkrak sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik," imbuhnya.

Senada dengan Prof Aman, Co-founder of Prosple Global, Geoffrey Adams mengatakan, pihaknya juga mendorong peningkatan kapasitas SDM yang siap kerja. Apalagi portal karir tersebut dirancang memang untuk merevolusi cara siswa mendekati perjalanan dunia kerja mereka. 

"Perusahaan kami dibuat supaya angkatan muda kerja bisa terhubung secara mulus dengan calon pemberi kerja, akses sumber daya berharga, dan menjelajahi sejumlah besar peluang yang disesuaikan dengan keterampilan dan aspirasi mereka," ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perusahaan Kendaraan Listrik Thailand Bangun Pabrik di Indonesia

Geoff menambahkan, saat ini pihaknya telah membantu 4,1 juta mahasiswa pencari kerja di Indonesia dan Malaysia. Pencapaian itu bukan hanya dalam membangun kerja sama dengan universitas ternama, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa berkualitas dan menghubungkannya dengan dunia kerja melalui aplikasi canggih. 

Selain itu Generasi Z Indonesia memiliki karakteristik sebagai generasi yang terbuka terhadap berbagai hal, seperti isu sosial, lingkungan, multikulturalisme, dan kemajuan teknologi.

Sebelum mengambil keputusan, kata Country Employer Acquisition and Growth Prosple Indonesia Wawan Rahardianto, karakter GenZ di Indonesia adalah selalu ingin tahu dan mencoba banyak hal melalui pemanfaatan teknologi. Dalam hal lowongan pekerjaan, mereka sangat aktif menggunakan teknologi untuk mencari tahu mengenai profil perusahaan, situasi kerja dan komen karyawannya sebelum CV dikirimkan.

Baca juga : Pakar Hukum Perdagangan Internasional Beberkan Potensi Nikel Indonesia

Ditambahkan, ada tiga jasa yang diberikan Prospel dalam situs id.prosple.com. Pertama, Graduate Review, yang digunakan untuk melihat peringkat perusahaan yang dinilai oleh karyawan fresh graduate-nya. Kedua, Day-in-a-life, yang menceritakan aktifitas karyawan fresh graduate seharian sejak berangkat dari rumah, bekerja di kantor dan kegiatan selepas kerja. Terakhir, Sosial Media, memanfaatkan Tik Tok dan sosial media lainnya untuk mempublikasikan lowongan pekerjaan atau suasana kerja di perusahaan. 

“Prosple menyediakan 800 lowongan pekerjaan setiap harinya untuk posisi magang, management trainee dan karyawan tetap. Semoga kerja sama Prosple dengan IPMI dapat membuka kesempatan mahasiswa mendapatkan pekerjaan di perusahaan impiannya," pungkas Wawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.