Dark/Light Mode

THR Jangan Nguap Begitu Saja, Utamakan Bayar Utang

Sabtu, 6 April 2024 19:56 WIB
Ilustrasi THR (Foto: OJK)
Ilustrasi THR (Foto: OJK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa tak senang terima Tunjangan Hari Raya (THR)? Masalahnya, kebahagiaan menerima THR itu kadang hanya sebentar. Begitu terima transferan dari kantor atau pemberi kerja, seringkali malah boncos karena salah memprioritaskan pengeluaran.

Belum sempat digunakan untuk keperluan penting seperti membayar utang dan lainnya, THR keburu habis duluan karena kalap belanja barang diskonan, yang sebetulnya nggak penting-penting amat.

Baca juga : FJB Berbagi Berkah Ramadan Bersama Yatim Piatu

Itu hanya salah satu contoh. Masih banyak contoh lain dari menguapnya uang THR, lantaran kurang bijaksana dalam mengatur keuangan.

Supaya THR dapat memberikan manfaat maksimal, ada baiknya Anda menyimak tips mengelola THR yang dibagikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), melalui akun Instagram resminya:

10 Persen Untuk Membayar Zakat, Infak, Sedekah

Baca juga : Ini Faktor Persija Keok Lawan Bali United

Tunaikan kewajiban membayar zakat dan membantu sesama dengan berinfak serta bersedekah.

10 Persen Untuk Bayar Cicilan Utang

Gunakan THR untuk membayar cicilan utang. Jangan biarkan utang berlarut-larut.

30 Persen Untuk Tabungan, Dana Darurat, Dan Investasi

Baca juga : Sebaiknya Pemberian Bansos Diatur Ulang

THR bisa menjadi sumber alternatif dana untuk tabungan, dana darurat, dan investasi. Mulai dari sedikit, lama-lama menjadi bukit.

50 Persen Untuk Kebutuhan Pokok Dan Hari Raya Lebaran

Anda dapat mengalokasikan uang THR untuk berbelanja kebutuhan pokok Hari Raya Idul Fitri. Termasuk, untuk memenuhi kebutuhan mudik Lebaran, dengan alokasi maksimal 50 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.