Dark/Light Mode

Indonesia Technology Investment Summit 2024 Kaji Kecerdasan Buatan

Jumat, 10 Mei 2024 09:41 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan atau AI. (Foto : Ist)
Ilustrasi kecerdasan buatan atau AI. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Shanhai Map akan menggelar “Indonesia Technology Investment Summit 2024” yang akan diadakan pada Senin  (20/5) di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

Salah satu yang dibahas pada acara ini menyangkut pertanyaan mendasar mengenai perbandingan antara kecerdasan buatan (AI) dan kecerdasan manusia semakin memuncak. Apakah AI akan mencapai atau bahkan melampaui tingkat kecerdasan manusia?

PT Shanhai Map sebuah perusahaan yang memfasilitasi perizinan bagi perusahaan-perusahaan China untuk berinvestasi  di Indonesia termasuk bidang teknologi.

Pendukung kemajuan AI, menurut Lina, manager  PT Shanhai Map, dengan daya komputasi yang terus meningkat, AI mampu menangani tugas-tugas yang sangat kompleks dengan kecepatan dan ketepatan yang jauh melampaui manusia.

Baca juga : Cuaca Tangerang Hari Ini Per Jam Jumat 10 Mei 2024 Variatif Ada Hujan Atau Panas

“Teknik pembelajaran mesin yang efektif memungkinkan AI untuk mengenali pola-pola yang sulit diidentifikasi oleh manusia serta membuat prediksi yang akurat. Kemampuan ini, ditambah dengan skalabilitas AI yang luas, memungkinkan pemprosesan data dalam volume besar dengan efisiensi yang tinggi,” ungkap Lina pada Jumat (10/5).

Namun, di sisi lain lanjut Lina, ada argumen yang menyoroti keterbatasan AI dalam hal emosi dan kesadaran diri. Meskipun AI dapat memproses data dengan cepat, mereka masih kurang dalam hal pemahaman emosi dan konteks sosial yang kompleks.

Kemampuan manusia untuk merasakan dan memahami emosi serta membangun hubungan interpersonal merupakan hal yang sulit ditiru oleh kecerdasan buatan. Selain itu, ada pertanyaan apakah AI akan pernah memiliki kesadaran atau pemahaman tentang diri sendiri seperti manusia.

“Aspek etis juga menjadi bagian penting dalam perdebatan ini. Penggunaan AI yang melebihi kecerdasan manusia menimbulkan pertanyaan tentang tanggung jawab moral dalam pengambilan keputusan yang dihasilkan oleh AI. Bagaimana memastikan bahwa keputusan yang dibuat oleh AI sesuai dengan nilai-nilai dan norma etis yang dipegang oleh masyarakat?,” lanjut Lina menambahkan.

Baca juga : Jadwal Indonesia Vs Guinea Lengkap, Live Dimana, Jam Berapa Dan Daftar Pemain

Dengan demikian, meskipun AI telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dan memiliki potensi besar untuk memecahkan masalah kompleks, masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah mereka akan melampaui kecerdasan manusia sepenuhnya.

Kombinasi kekuatan AI dengan keunikan dan kecerdasan manusia mungkin solusi terbaik untuk mencapai hasil yang optimal dalam berbagai bidang.

Seiring perkembangan teknologi terus berlanjut, hubungan antara otak dan mesin akan terus berevolusi, membawa dampak besar bagi masyarakat dan dunia secara keseluruhan.

Membahas mengenai era digital maka tidak akan jauh dari istilah Teknologi Informasi & Komunikasi (IT), dikarenakan teknologi informasi dan komunikasi (IT) memiliki kekuatan untuk merevolusi berbagai sektor dan mendorong kemajuan sebuah negara.

Baca juga : Indonesia Kenalkan Inovasi Teknologi Industri Hannover Messe 2024

"Di era digital ini, teknologi informasi dan komunikasi (IT) menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan daya saing Indonesia di kancah global. Maka dari itu, PT Shan Hai Map akan menyelenggarakan “Indonesia Technology Investment Summit 2024” yang akan diadakan pada tanggal 20 Mei di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat," jelas Lina.

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran teknologi pada kehidupan manusia dimasa kini serta untuk mempertemukan para pemimpin industri, inovator dan penggemar teknologi  untuk membahas masa depan industri teknologi Indonesia dan menarik perhatian investor dari luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia.

Hal ini tidak hanya akan memajukan perekonomian Indonesia, namun juga dapat mempercepat adopsi teknologi dan inovasi teknologi di Indonesia.

Jika tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang Teknologi, dapat mendaftarkan diri dan perusahaan melalui link dibawah ini https://forms.gle/sTbiYu4wogGHY76o7.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.