Dark/Light Mode

Pentas Siddharta The Musical Sukses Bikin Ribuan Orang Terkesima

Sabtu, 25 Mei 2024 22:03 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertunjukan Siddharta The Musical kembali hadir di Indonesia, di Gedung Theatre JIEXPO Kemayoran, Jakarta sejak 24-26 Mei 2024.

Pentas yang menggambarkan kehidupan Siddharta hingga menjadi Buddha ini, berhasil menyedot perhatian ribuan orang.

Pertunjukan tersebut memadukan teknologi cahaya, suara, video dan aksi teater dengan pesan agama Buddha yang membuat acara tersebut sangat spektakuler.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Buddha Kementerian Agama (Kemenag) Supriyadi mengapresiasi acara Siddharta The Musical.

Menurutnya, banyak pesan moral yang bisa diambil oleh Umat Buddha dalam acara tersebut.

“Pesan moral dari teater musikal ini juga sesuai dan selaras dengan program pemerintah yaitu moderasi beragama,” ujarnya kepada awak media, di sela-sela acara, dikutip Sabtu (25/5/2025).

Dia berharap, pertunjukan ini tidak sekadar menjadi hiburan. Namun juga, memperkokoh keyakinan umat Buddha pada Sang Triratna agar semakin meneladani Siddhartha dalam praktik Dhamma.

Baca juga : Rezeki Ditutup Orang Berkuasa

"Semoga pertunjukan ini bisa menggerakan dan menguatkan sikap untuk hidup lebih baik, lebih berarti serta pada akhirnya sanggup untuk mewujudkan kebahagiaan bagi semua makhluk dan alam semesta," harapnya.

Ketua Umum Panitia Acara Siddharta The Musical selaku penggagas pergelaran pada tahun 2007 dan 2024, Sutina Irsan menjelaskan, Siddhartha The Musical merupakan pentas seni yang menggambarkan kehidupan Siddhartha yang kemudian menjadi Buddha, walau terlahir sebagai pangeran dan dibesarkan dalam kemewahan istana.

“Pada kisah ini Siddhartha ikhlas melepaskan semua itu untuk menemukan jalan yang dapat membebaskan umat manusia dari penderitaan seperti usia tua, sakit, dan mati,” jelasnya.

Ia berharap pergelaran ini bisa dijadikan ajang nonton bareng (nobar) bersama keluarga, kerabat dan handai taulan.

Sebab, acara ini merupakan pergelaran teater musikal yang meski berlatar belakang agama Buddha, tapi menyampaikan nilai-nilai luhur yang universal.

“Ini kami sajikan dalam format teater modern berisi musikal ala Broadway bernuansa Asia yang sangat menghibur," ucap ibu rumah tangga yang bergiat di banyak aktivitas sosial ini.

Teater musikal yang pernah meraih beberapa penghargaan ini dipersembahkan oleh para pemain yang sudah terlatih secara profesional.

Baca juga : KPK Sita Pajero Sport Dakar Milik SYL, Diduga Disembunyikan Orang Dekat

Mereka tampil secara Live singing dalam bahasa Mandarin, dengan subtitle bahasa Indonesia.

Daya hipnotis dari penampilan para seniman panggung ini juga didukung oleh perpaduan musik klasik modern, dikemas dalam desain panggung yang megah.

Ditambah, kostum menarik serta efek cahaya dan audio visual yang memukau.

Teater ini dikreasikan dan diproduksi oleh Asia Musical Productions dari Malaysia. Adapun Ho Lin Huay sebagai produser, penulis sekaligus sutradara, serta Imee Ooi sebagai penata musik.

Imee Ooi sendiri cukup dikenal di kalangan penggemar musik genre tertentu di Indonesia.

Acara kali ini berkolaborasi dengan para penari Indonesia dari EKI Dance Company. Kolaborasi ini tentu membuat pertunjukan ini menjadi lebih menarik.

Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Buddha akan Siddharta The Musical akhirnya terobati.

Baca juga : Wamendag: Sesuai Data INSW, Kemendag Melakukan Proses Perizinan Dengan Cepat

Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati Gedung Theatre JIEXPO Kemayoran pada Jumat (24/5/24).

Kehadiran Siddharta The Musical tahun 2024 ini merupakan penampilan kedua untuk menghibur umat Budha di Indonesia setelah 17 tahun berlalu.

Siddharta The Musical digelar sekaligus memperingati Hari Raya Trisuci Waisak 2568 BE.

Penampilan perdana Sidhharta the Musical di Indonesia digelar pada 2007 di JITEC, Mangga Dua, Jakarta.

Siddharta The Musical telah memperoleh berbagai penghargaan kategori teater musikal.

Pada tahun 2007 di JITEC, Mangga Dua, Jakarta, dihadiri ribuan penonton yang sebagian besar adalah umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.