Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Sosial Kasih Penghargaan Dua Pelopor Perdamaian

Jumat, 18 Oktober 2019 07:51 WIB
Menteri Sosial  Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) di sela-sela pemberian penghargaan pada dua Pelopor Perdamaian: Yason  Yikwa (tengah) dan Titus Kayoga (kanan) saat puncak acara Dasawarsa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, Rabu (16/10). (Foto: Istimewa).
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) di sela-sela pemberian penghargaan pada dua Pelopor Perdamaian: Yason Yikwa (tengah) dan Titus Kayoga (kanan) saat puncak acara Dasawarsa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, Rabu (16/10). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan penghargaan kepada dua Pelopor Perdamaian pada Puncak Acara Dasawarsa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, Rabu (16/8).

Yason Yikwa (52) dan Titus Kogoya (45). Yason Yikwa (52) adalah seorang pendeta, warga Desa Dokoku, Distrik Kubiki, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Ia membantu mengevakuasi sekitar 300 warga pendatang masuk ke Gereja Baptis Panorama di Phike saat peristiwa kerusuhan yang terjadi pada Senin pagi 23 September.

Ketika para pelaku kerusuhan meminta agar warga yang ada di dalam gereja untuk segera keluar, Yason tetap berusaha mempertahankan warga untuk bertahan di dalam gereja dan menemui para perusuh untuk melakukan negosiasi.

Baca juga : JK Pastikan Hadiri Diprosesi Pergantian Dirinya ke Maruf Amin

Atas negosiasi tersebut, masyarakat pendatang yang berada di pelataran Gereja Baptis Panorama akhirnya keluar dari pelataran gereja dengan selamat.

Sedangkan Titus Kogoya (45), seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Tolikora merupakan warga Kampung Mawampi, Distrik Wesaput, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Saat kerusuhan 29 September terjadi, Titus bersama sejumlah pemuda menghadang pelaku kerusuhan di jalan masuk kampung mereka. Dia bahkan menjadikan rumah keluarganya sebagai tempat 80 warga pendatang mengungsi. Dia mengatakan, sebagian besar warga pendatang sudah seperti saudaranya sendiri.

“Upaya penyelamatan yang heroik yang dilakukan Yason dan Titus patut diapresiasi setinggi-tingginya. Mereka bergerak membantu warga tanpa memandang suku, agama dan ras, bahkan ia rela mengorbankan nyawanya untuk keselamatan warga,” lanjut Agus.

Baca juga : Menaker Minta Perubahan Ketenagakerjaan Direspon Cepat

Pemberian penghargaan Pelopor Perdamaian ini menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diselenggarakan 14-17 Oktober 2019 di Yogyakarta.

“Saya berharap peringatan HUT Dasawarsa TKSK ini menjadi momentum untuk meningkatkan kembali pelaksanaan nilai-nilai kerelawanan sosial dan kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Agus.

Satu dasawarsa TKSK, lanjutnya, memiliki makna perayaan hari jadi sekaligus momen penguatan pelaksanaan layanan-layanan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

TKSK sebagai relawan sosial selama ini telah membantu upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan.

Baca juga : Ekspor Moncer, Toyota Sabet Lagi Penghargaan Primaniyarta

“Karenanya, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangga kepada TKSK telah menjadi ujung tombak dalam aksi sosial dan menjadi utama dalam menolong sesama, membantu masyarakat, membantu pemerintah, pemerintah daerah mengentaskan permasalahan sosial,” ucapnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.