Dark/Light Mode

Tangkal Virus Corona

Ketimbang Pakai Masker, Bersihkan Layar HP Jauh Lebih Efektif

Selasa, 3 Maret 2020 18:56 WIB
Foto: Net
Foto: Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jasa Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak mengungkap, tak ada bukti bahwa virus Corona bergentayangan di udara. Karenanya, masker wajah bukanlah bentuk proteksi yang efektif.

Membersihkan layar HP, justru dianggap memiliki nilai lebih, ketimbang memakai masker wajah yang kian hari kian langka.

Ini tentunya bisa dimaklumi, mengingat HP adalah salah satu benda terkotor yang dimiliki manusia zaman sekarang. Benda ini paling sering dibawa ke mana-mana. Termasuk ke toilet, tempat bersarangnya kuman penyakit.

Banyak studi ilmiah menyebutkan, ponsel jauh lebih kotor ketimbang dudukan toilet.

Baca juga : Transjakarta Siapkan Hand Sanitizer dan Masker di 80 Halte

Ponsel juga kerap menempel pada mata, hidung, dan bibir. Ketiga panca indera ini tergolong rawan terhadap penularan virus Corona.

"Hati-hati dengan benda yang paling sering Anda sentuh. Dan benda yang paling sering Anda sentuh adalah ponsel. Karena itu, memakai masker bukanlah sesuatu yang penting," ujar Kenneth Mak, seperti dikutip The Straits Times.

Menurut laporan Business Insider yang dilansir South China Morning Post pada 13 Februari 2020, hasil studi Massachusetts Institute of Technology (MIT) tahun 2018 menyebut, membersihkan HP dengan UV smartphone sanitiser device adalah cara paling ampuh untuk membunuh kuman.

Menggunakan larutan alkohol juga bisa menjadi cara yang efektif. Mengingat celah antara HP dan casing lebih banyak terkontaminasi bakteri, ketimbang layar HP itu sendiri.

Baca juga : Tangkal Virus Corona, Ini Yang Dilakukan KPK

Seperti dilansir Health, pakar mikrobiologi Charles Herba mengatakan, larutan alkohol dapat dibuat di rumah dengan campuran air (60 persen) dan rubbing alcohol (40 persen).

Setelah jadi, larutan dapat digunakan untuk membersihkan ponsel, dengan menggunakan lap microfiber, cotton pad, atau cotton bud.

Tisu anti-bakteri juga bisa menjadi opsi tepat untuk mensterilkan ponsel.

Terpenting, hindari menggunakan alat semprot, agar tidak merusak HP.

Baca juga : Virus Corona Gentayangan Di Mana-mana, AS Tunda Pertemuan Dengan Para Pemimpin ASEAN

Kalau tak ada opsi sanitasi untuk membersihkan, mengelap ponsel dengan lap microfiber juga mampu mengurangi kontaminasi kuman.

Jangan nekat pakai cairan seperti pembersih kaca, pembersih dapur, pembersih make-up, sabun cuci piring, sabun cuci tangan, dan cuka apel karena bisa bikin ponsel Anda ambyar. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.