Dark/Light Mode

Cara Simpel Menua dengan Sehat

Kamis, 1 Oktober 2020 10:30 WIB
Cara Simpel Menua dengan Sehat

RM.id  Rakyat Merdeka - Menua dengan sehat tentu menjadi dambaan bagi banyak orang. Salah satu kunci untuk bisa menua dengan sehat ternyata tak butuh banyak biaya. Malah caranya sederha. Yaitu minum air putih yang cukup.

Ahli Gizi, Niti Patel, RD, MS, mengatakan sel-sel tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan efisien. Dengan mengonsumsi air yang cukup, tubuh bisa melumasi persendian dengan baik hingga memompa darah ke otot-otot. Hampir semua fungsi tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja.

Baca juga : Calon Wali Kota Menang Telak Setelah Meninggal

Kebiasaan minum air putih yang cukup juga menjadi salah satu kunci penting untuk proses penuaan yang sehat. Ditambah lagi, kebutuhan asupan air putih bisa menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat dipengaruhi berbagai hal seperti tingkat aktivitas hingga penyakit kronis yang diderita.

Tak hanya kebutuhan asupan air putih, kemampuan untuk merasa haus juga cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Dehidrasi kerap menjadi masalah yang umum namun jarang diperhatikan pada lansia.

Baca juga : Kemenag Siapkan Manasik Haji dengan Adaptasi Kebiasaan Baru

Hal-hal seperti ini bisa dihindari bila seseorang membentuk kebiasaan minum air putih yang baik sejak muda. Salah satu caranya dengan membiasakan minum air putih secara rutin meski rasa haus belum muncul. Selain itu, biasakan pula untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan air. Dengan kebiasaan-kebiasaan ini, seseorang tidak akan kesulitan untuk memenuhi asupan cairannya di masa tua nanti.

Patel mengatakan saat tidur tubuh tidak meminum apa pun dan mengalami dehidrasi. Minum air putih atau sari lemon sesaat setelah bangun tidur akan membuat tubuh juga terasa lebih segar. "Seperti sebuah bunga yang layu, Anda akan merasa diri Anda merekah kembali," ujar Patel, seperti dilansir WellGood.[WE]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.