Dark/Light Mode

Vaksin, Perlukah Untuk Orang Dewasa?

Sabtu, 17 Oktober 2020 20:52 WIB
Vaksin, Perlukah Untuk Orang Dewasa?

 Sebelumnya 
Akibat imunisasi yang masif, penyakit ini musnah sejak 1979. WHO menyebutkan, setidaknya ada 2-3 juta nyawa terselamatkan dari penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi.

Vaksin amat jarang menimbulkan efek samping. Data kesehatan menunjukkan, 95 persen efek samping vaksin bersifat ringan atau lokal. Tidak menimbulkan fatalitas.

Baca juga : Wapres: Vaksinasi Sesuai Ajaran Islam

“Kadang-kadang,vaksin juga menyebabkan demam. Tapi, tidak perlu khawatir. Karena demam adalah tanda bahwa vaksin tersebut bekerja menstimulasi sistem kekebalan,” jelas Dirga.

“Vaksin terbukti aman dan efektif. Imunisasi sebenarnya adalah bukti cinta dan kepedulian kita. Baik pada orang di sekeliling kita, maupun pada lingkungan yang lebih luas. Oleh karena itu, imunisasi diri anda, keluarga, lingkungan. Bila ada pengetahuan, berbagilah. Mari kita bekerja bergandengan tangan," pungkasnya.

Baca juga : Mengasuh Anak Penuh Tantangan

Sambil menunggu hadirnya vaksin, menjaga diri dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M adalah cara terbaik memutus rantai penyebaran Covid. Jangan pernah lupa memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer[HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.