Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nggak Bisa Sembarangan, Liburan Di Tengah Pandemi

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:41 WIB
Ketua Tim Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi (Foto: Istimewa)
Ketua Tim Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat, agar membuat perencanaan matang sebelum memutuskan liburan di masa pandemi Covid-19.

Ketua Tim Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan, perencanaan perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan.

“Perencanaan liburan itu penting, sehingga kita bisa meminimalisir risiko dari awal,” kata Sonny, dalam Talk Show bertema "Gaya Hidup Sehat Buat Liburan Panjang Aman", yang dilansir dari channel YouTube BNPB Indonesia.

Baca juga : Anggota DPR Kritisi Lambannya Pertumbuhan Pertanian Di NTB

Dalam kesempatan tersebut, Sonny memberikan sejumlah tips agar liburan tetap aman.

Pertama, memastikan kondisi diri sendiri. Kalau kita tidak sehat, jangan sekali-kali memutuskan untuk berlibur. "Kalau tidak sehat, meski tidak memiliki Covid-19, dia jadi berisiko sekali. Jadi rentan, ketika dia keluar dalam kondisi tidak sehat. Kalau ternyata dia membawa virus Covid-19, kan sangat berbahaya. Dia jadi super spreader, menyebarkan virus itu ke orang lain,” sambungnya.

Setelah memastikan kondisi kesehatan, berikutnya kata Sonny, menentukan kendaraan yang akan digunakan.

Baca juga : Settingan Dengan Igun?

“Jangan sampai menggunakan transportasi umum yang tidak memenuhi protokol kesehatan. Lebih baik, menggunakan kendaraan pribadi. Kalaupun naik kendaraan umum, pastikan bahwa transportasi tersebut memang aman,” ujarnya.

Berikutnya, ia menyarankan agar masyarakat memperhatikan betul kondisi hotel yang akan dijadikan tempat menginap, serta restoran yang akan dikunjungi betul-betul memenuhi protokol kesehatan.

"Dengan perencanaan yang matang, jelas, ketika kita sehat kita tahu mau kemana, lewat mana, naik apa, maka kita bisa menghindar, mencegah terjadinya Covid-19,” tandasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.