Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Tumbuh Kembang Anak Yang Baik, Jangan Kasih Sarapan Mie Instan

Rabu, 14 April 2021 16:45 WIB
Bubur instan kuah soto (Foto: Istimewa)
Bubur instan kuah soto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus stunting masih menjadi tantangan besar yang harus dihadapi bangsa Indonesia. Permasalahan ini hanya bisa diturunkan dengan mendorong semua pihak untuk memperhatikan tumbuh kembang anak, mulai sejak dalam kandungan, bayi, hingga memasuki masa emas.

Berdasarkan data 2019, kasus stunting mencapai di Indonesia masih sebesar 27,6 persen dari total 79,55 juta anak. Angka tersebut dianggap sangat mengkhawatirkan.

Baca juga : Presiden Buruh Dipanggil Istana, Kasih Masukan Soal THR

Lalu, apa yang harus dilakukan demi menekan angka stunting ini? Pakar gini Dr Feni Nugraha mengatakan, stunting bisa dihindari dengan memberikan asupan makanan bergizi kepada anak dimulai dari sarapan. Menu sarapannya tidak boleh sembarang, harus yang bisa membantu melengkapi asupan gizi di pagi hari. Pemberian mie instan untuk anak sebaiknya dihindari. 

“Bahan utama pembuatan mie instan adalah tepung yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat sederhana, sehingga susah dicerna dan bisa merusak usus. Itu sebabnya mie instan tidak bisa dikonsumsi berlebihan,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi. Rabu (14/4).

Baca juga : Emang Ada Yang Bisa Dongkel Imin?

Feni mengimbau para ibu untuk lebih bijak dan kreatif dalam memilah dan mengolah makanan untuk anak. “Banyak pilihan makanan instan lain yang lebih sehat. Salah satu pilihan tersebut adalah bubur instan yang tentunya lebih mudah dicerna dan lebih sehat,” terangnya.

Bubur instan bisa dikombinasikan dengan bahan makanan sumber protein, seperti telur dan sayuran, agar kebutuhan gizinya lebih lengkap. Kini, bubur instan juga memiliki berbagai varian rasa yang tidak kalah dengan mie instan. Yaitu kuah soto, kuah kari, bubur ayam, dan bubur abon sapi. 

Baca juga : Korupsi Kudu Dibuang Jauh-jauh, Jangan Hambat Transformasi Perekonomian Nasional

“Bubur instan tentu lebih unggul dibandingkan dengan mie instan. Karena tidak hanya enak dan mengenyangkan, juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh kita,” terangnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.