Dark/Light Mode

Nyeri Pinggang Ciri Umum Sakit Ginjal, Perlu Diwaspadai

Jumat, 16 Juli 2021 15:10 WIB
Sakit pinggang/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Sakit pinggang/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Namun, bukan tidak mungkin dapat terjadi pada kedua sisinya. Nyeri pinggang ini juga sering muncul pada bagian bawah panggul, selangkangan, atau bahkan daerah perut.

Salah satu cara mengenali nyeri pinggang sebagai ciri umum sakit ginjal adalah rasa nyeri yang tidak akan hilang meski penderitanya telah mengubah posisi. Sakit pinggang yang disebabkan ginjal bermasalah akan semakin nyeri jika dilakukan pemijatan. Rasa nyeri ini diakibatkan timbulnya endapan kristal dalam ginjal.

Baca juga : Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Ahsan/Hendra: Lawan Non Unggulan Perlu Diwaspadai

Apabila gangguan ini tidak segera memperoleh penanganan, justru akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Penyakit batu ginjal merupakan suatu kondisi parah yang memerlukan penanganan segera.

Terjadinya penyakit batu ginjal disebabkan beberapa faktor. Antara lain sering mengonsumsi makanan instan, makanan berpengawet, serta zat tambahan yang berbahaya bagi tubuh. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit ginjal.

Baca juga : Tekan BOR Rumah Sakit, Jabar Perkuat Strategi Isoman

Penanganan 
Seperti dikutip Harapan Rakyat, jika gejala sakit ginjal yang menimpa dibiarkan begitu saja, justru akan memperburuk kondisi ginjal yang disebabkan semakin menurunnya fungsi dari organ tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya penderita segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami ciri umum sakit ginjal.

Apalagi jika penderita memiliki jenis penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi, sebaiknya lebih sering untuk memeriksakan ginjal. Hal ini bertujuan untuk memperoleh perawatan sedini mungkin serta mencegah risiko komplikasi dari penyakit ginjal.

Baca juga : Peningkatan Literasi Kunci Selesaikan Persoalan Bangsa

Nyeri pinggang sebagai ciri umum sakit ginjal perlu waspadai. Segera konsultasikan dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Agar dapat menghindari sesuatu hal buruk yang mungkin terjadi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.