Dark/Light Mode

Workshop Literasi Digital Remaja Masjid

Langkah-langkah Agar Terhindar Dari Bahaya Hoaks

Minggu, 22 Agustus 2021 18:19 WIB
Workshop Literasi Digital Remaja Masjid Langkah-langkah Agar Terhindar Dari Bahaya Hoaks

 Sebelumnya 
Selain itu, perhatikan juga nama situsnya sebab kebanyakan situs abal-abal menggunakan nama atau istilah yang bombastis.

"Cara mengindentifikasi sebuah situs bisa lebih jelas lagi dengan mengecek di situs whois yang akan menjabarkan rinci semua informasi mengenai pembuatan situs," katanya.  

Baca juga : Di Lapas, Pemilik Warung Makan Pelanggar PPKM Dipisah Dari Tahanan Lain

Dia menambahkan, kita juga bisa memeriksa kontak situs berupa email, alamat kantor, hingga nomor telepon biasa tercantum.

"Situs yang menutupi identitasnya, apa pun kontennya, patut dicurigai sebagai situs berita palsu atau situs penipuan," katanya.

Baca juga : MUI: Masjid Harus Jadi Lokomotif Penyadaran Bahaya Corona

Hal lain adalah memeriksa gambar atau foto karena dengan foto membuat orang cepat percaya dengan sebuah informasi. Padahal foto belum tentu sesuai dengan fakta.

"Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa menelusurinya dengan menggunakan beberapa tools. Misalnya Google Image, Yandex, atau TinEye," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.