Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

1 November, WhatsApp Nggak Bisa Dipake Smartphone-Smartphone Ini

Kamis, 26 Agustus 2021 15:48 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - WhatsApp menghentikan dukungan untuk smartphone Android dengan OS lawas. Pengguna dengan Android 4.0.4 dan iOS 9 pun tidak bisa lagi memakai aplikasi WhatsApp mulai 1 November 2021.

Aplikasi pesan instan milik Facebook ini telah mengungkapkan daftar perangkat iOS dan Android tersebut di laman resminya Smartphone yang ada dalam daftar itu tidak akan lagi menerima dukungan dari aplikasi dan tidak akan kompatibel dengan WhatsApp.

Sebelumnya melalui website WhatsApp, perusahaan mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk sejumlah smartphone dengan sistem operasi lawas, yakni Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) dan iOS 9.

"WhatsApp tidak akan lagi mendukung smartphone Android yang menjalankan OS 4.0.4 atau lebih tua mulai 1 November 2021," tulis WhatsApp dikutip dari website-nya, Rabu (25/8).

Para pengguna smartphone dengan OS 4.0.4 pun diajak untuk berganti perangkat yang lebih baru dan menyimpan riwayat pesan sebelum mengganti perangkat.

Dikatakan, WhatsApp bisa dipakai pada smartphone Android dengan OS 4.1 (Jelly Bean) atau di atasnya yang bisa menerima SMS atau panggilan selama proses verifikasi.

"Kami menawarkan batasan dukungan untuk tablet Android dengan SIM card aktif. Kami juga tidak mendukung tablet yang hanya bergantung pada koneksi WiFi," tulis WhatsApp.

Tidak hanya Android lawas, WhatsApp juga tidak akan bisa digunakan di iPhone dengan iOS 9 ke bawah. Untuk memakai WhatsApp, pengguna iPhone minimal harus memperbarui iPhone-nya ke iOS 10 atau di atasnya.

Baca juga : MPR Minta Pemerintah Lobi Saudi Haji Bisa Digelar Tahun Ini

Usia dua sistem operasi itu memang sudah lebih dari lima tahun. Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada tahun 2011, yang artinya usia sistem operasi itu kurang lebih sudah sepuluh tahun.

Sementara iOS 9 yang diluncurkan Apple tahun 2015 tahun ini sudah memasuki usia keenam. Upaya ini dilakukan WhatsApp demi memfokuskan upayanya pada smartphone generasi terbaru, untuk menjamin layanan aplikasi yang optimal.

Berikut daftar lengkap smartphone tak bisa lagi pakai WhatsApp:

Android

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core dan Galaxy Ace 2. LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6 , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD dan 4X HD, dan Optimus F3Q.

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 dan Grand Memo.

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2.

Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S.

Baca juga : Infinix Hot 10 Play Siap Gebrak Pasar Smartphone Indonesia

Alcatel: One Touch Evo 7

Lainnya: Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 dan THL W8.

iOS

Apple iPhone SE

Apple iPhone 6

Apple iPhone 6S Plus

Jika smartphone Anda tidak masuk dalam daftar tapi belum mengetahui versi sistem operasi yang digunakan, bisa dicek secara manual.

Di perangkat Android, cara cek versi OS Android bisa dilakukan dengan mengakses menu Setting/Pengaturan > General/Umum > About/Mengenai.

Baca juga : Jadi Peserta Pilkada Tapi Nggak Mundur, PNS Bisa Dipecat Tak Hormat

Informasi sistem operasi biasanya terletak di bagian bawah. Karena antarmuka (UI) masing-masin ponsel Android berbeda, kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda pula.

Sementara di perangkat iPhone, bisa dilakukan dengan cara buka menu Setting/Pengaturan > About Phone/Tentang Ponsel. Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah.

Jika ternyata perangkat masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung.

Khusus untuk pengguna iPhone di atas, Apple mengumumkan bahwa tiga model tersebut akan bisa mendapatkan pembaruan iOS 15.

Jadi, jika pengguna iPhone SE, iPhone 6S, dan iPhone 6S Plus masih menjalankan iOS versi lama, sebaiknya segera memperbarui iOS ke versi terbaru. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.