Dark/Light Mode

Anies Ajak Seluruh Warga Menjaga Lingkungan Jadi Suatu Budaya

Kamis, 25 November 2021 09:30 WIB
Gubernur Anies Baswedan (kiri) saat memberikan penghargaan Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup, Rabu (24/11). (Foto: PPID Jakarta)
Gubernur Anies Baswedan (kiri) saat memberikan penghargaan Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup, Rabu (24/11). (Foto: PPID Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak seluruh warga untuk menjadikan merawat dan menjaga lingkungan sebagai budaya. Bukan karena sebagai program atau tujuan tertentu.

Hal itu dikatakan Anies saat menyerahkan penghargaan dalam kegiatan Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Provinsi DKI Jakarta 2021 di Balai Agung, Rabu (24/11).

Pemberian penghargaan tersebut merupakan apresiasi Pemprov DKI Jakarta kepada individu atau kelompok atas inovasi dan konsistensinya untuk menjaga lingkungan hidup di Jakarta.

Berita Terkait : 230 Purnapaskibraka Jakarta Ditetapkan Jadi Duta Pancasila

“Menjaga lingkungan hidup tidak cukup dikerjakan secara programatik, melainkan membutuhkan pendekatan gerakan yang perlu keterlibatan semua pihak. Bila hal ini dikerjakan dengan optimal, maka kualitas lingkungan hidup di Jakarta akan menjadi lebih baik," ujar Anies.

Menurut Anies, agar kualitas lingkungan hidup di Jakarta menjadi lebih baik, butuh pendekatan gerakan yang melibatkan semua pihak.

"Jika ikhtiar untuk menjaga lingkungan hidup ini dikerjakan dengan gerakan, maka harapannya akan tumbuh kebiasaan baru pada masing-masing warga," ujar Anies.

Berita Terkait : HNW Ajak Milenial Lestarikan Seni Budaya Bangsa

Ia mengigatkan kebiasaan baru untuk menjaga lingkungan hidup jika dikerjakan secara konsisten lintas waktu akan menjadi budaya dan memberikan dampak kepada kepada peradaban ke depannya.

“Bapak/Ibu semua adalah garda terdepan, konsistensi merawat lingkungan hidup harus menjadi budaya, bukan hanya slogan. Budaya itu terdiri dari beberapa fase, diajarkan, didisiplinkan, hingga menjadi kebiasaan," ujarnya.

 Saat kebiasaan dilakukan terus menerus maka akan jadi budaya, budaya yang dipertahankan akan menjadi peradaban, harapannya kota kita akan rasakan dampaknya di masa depan.

Berita Terkait : Pernyataan Menteri Lingkungan Inggris Soal Zero Deforestation Sesat

Anies berpesan agar penghargaan ini dipandang sebagai sebuah motivasi untuk menciptakan inovasi guna merawat lingkungan hidup di Jakarta.

“Jangan berhenti di sini, harus diteruskan. Kami berharap apa yang diterima oleh masing-masing pribadi dan lembaga ini menjadi inspirasi bagi yang lain,” ujar Anies.

Penghargaan Apresiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup diserahkan kepada beberapa pihak, di antaranya sekolah, kampung, bank sampah, hingga swasta. [DRS]