Dark/Light Mode

Jenazah Ibu Ani Akan Diterbangkan Pukul 8 Malam Waktu Singapura

Sabtu, 1 Juni 2019 16:34 WIB
Pesawat Hercules yang akan membawa jenazah Ibu Ani Yudhoyono kembali ke Tanah Air. (Foto: Istimewa)
Pesawat Hercules yang akan membawa jenazah Ibu Ani Yudhoyono kembali ke Tanah Air. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemulangan jenazah Ibu Negara periode 2004-2014, Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo alias Ibu Ani Yudhoyono ke Jakarta, dipercepat menjadi malam ini. Tepatnya pukul 8 malam waktu Singapura.

Duta Besar RI untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya mengatakan, keputusan mempercepat pemulangan jenazah itu datang dari keluarga. "Rencananya memang besok. Tapi akhirnya diputuskan malam ini juga," kata I Gusti Ngurah Swajaya di Singapura, seperti dilansir Kantor Berita Antara, Sabtu (1/6).

Pesawat Hercules milik TNI AU dijadwalkan tiba di pangkalan AU Singapura Payalebar sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Kemudian, jenazah akan diberangkatkan dari KBRI pada pukul 19.00 waktu Singapura, dan bertolak ke Jakarta pukul 20.00 waktu setempat.

Baca juga : Jenazah Ibu Ani Akan Disambut Khusus di Halim Besok Pagi

"Malam ini, tunggu pesawat datang dulu. Perkiraan pukul 20.00," ujar Swajaya.

Diketahui, waktu di Singapura satu jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Barat (WIB). Di KBRI Singapura, jenazah ibu Ani dishalatkan dengan diimami Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Muhammad Nuh. Setelah itu, jenazah dibawa ke lobi Riptaloka untuk disemayamkan. "Terbuka untuk umum," imbuh Swajaya.

Terpisah, Politikus Demokrat Jansen Sitindaon menyebut, perkiraan jenazah Ibu Ani akan tiba di bandara Halim Perdanakusumah pukul 20.30 WIB.

Baca juga : Jenazah Ibu Ani Tiba di KBRI Singapura

Dalam pesawat itu, jenazah ibu Ani didampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Usai tiba di Lapangan Udara Halim Perdanakusumah, jenazah akan langsung dibawa ke rumah duka di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk disemayamkan. Kemudian, Minggu (2/6) siang, jenazah Ibu Ani akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Rencananya, Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara pemakaman tersebut. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.