Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemprov DKI Kirim Bantuan Logistik Korban Erupsi Semeru

Senin, 6 Desember 2021 17:28 WIB
Evakuasi korban erupsi Gunung Merapi. (Foto:net)
Evakuasi korban erupsi Gunung Merapi. (Foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan Sumber Daya Manusia (personel) untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sebanyak  delapan truk diberangkatkan ke Kabupaten Lumajang bersama dengan 60 anggota perwakilan OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat); Satpol PP, Tagana Dinas Sosial; Dinas Kesehatan; dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik).

Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, bantuan logistik yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin sesuai dengan kebutuhan warga di lokasi bencana.

“Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kita kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang, dan koordinasi dengan baik menanyakan kondisi lapangan, serta kebutuhan apa yang diperlukan untuk bisa membantu warga di sana,” ungkap Sabdo usai melepas keberangkatan Tim Penanggulangan Bencana di kantor BPBD DKI Jakarta, Senin (6/12).

Baca juga : Moeldoko Sampaikan Dukacita Mendalam Untuk Korban Semeru

Sabdo mengatakan, pengiriman bantuan ini sebagai wujud kolaborasi Pemprov DKI dengan daerah lain di Indonesia dalam misi kemanusiaan, khususnya Kabupaten Lumajang yang saat ini sedang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Kita tidak melihat bantuan apa yang diberikan, tapi yang kita berikan sebagai wujud rasa kepedulian dan kebersamaan dalam bentuk kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk Lumajang. Ini bentuk kesetiakawanan, kebersamaan, kerja sama yang betul-betul kita wujdukan dengan nyata,” kata Sabdo.

Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin mengatakan, kolaborasi dalam bentuk misi kemanusiaan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang menjadi korban dan terdampak erupsi Gunung Semeru.

Arifin menyampaikan kepada tim untuk melayani korban erupsi Gunung Semeru dengan sepenuh hati. Khusus kepada personel Satpol PP,

Baca juga : BRI Gercep Salurkan Bantuan Untuk Korban Terdampak Erupsi Semeru

Arifin meminta supaya fungsi perlindungan masyarakat juga bisa diimplementasikan dengan baik di sana.

“Kalian harus berbangga hati (karena) berkesempatan untuk bisa memberikan tenaganya menjalankan tugas-tugas beberapa hari ke depan di lokasi bencana. Tunjukkan kalian dekat dengan korban, layani mereka, sentuh hatinya agar mereka yang sedang bersedih menjadi gembira dengan kehadiran kita. Ini menjadi catatan amal ibadah dan pahala buat kita semua,” ujarnya.

Arifin meminta tim agar menjaga kekompakan dan keselamatan selama melayani warga di Kabupaten Lumajang. Selain itu, Arifin juga mengingatkan tim untuk menjaga nama baik DKI Jakarta selama bertugas di lokasi bencana.

“Misi kita membawa barang-barang logistik dan sebagainya sampai ke lokasi, silakan menyesuaikan kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di sana. Tetap jaga keselamatan dan kekompakan Anda semua. Tidak ada kegiatan yang mandiri, ini misi kemanusiaan membantu saudara yang terkena musibah. Jadi semua kegiatan terkoordinir dan terawasi dengan baik,” tandasnya. (DRS)

Baca juga : BUMN Gercep Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.