Dark/Light Mode

Libur Lebaran

Anies : Tim Medis, Puskesmas dan Rumah Sakit di Jakarta Tetap Siaga

Senin, 3 Juni 2019 15:05 WIB
Guberbur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti melakukan inspeksi pelayanan kesehatan masyarakat sebelum libur lebaran, Senin (3/6). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).
Guberbur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti melakukan inspeksi pelayanan kesehatan masyarakat sebelum libur lebaran, Senin (3/6). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pelayanan kesehatan di Jakarta tetap tersedia dengan baik untuk melayani masyarakat Jakarta meski sedang masa libur Lebaran tahun 2019.

“Saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat, semua Puskesmas Kecamatan (di Jakarta) buka 24 jam selama musim liburan lebaran ini, hari lebaran sekalipun menangani 24 jam, IGD dan pelayanannya pun 24 jam. Jadi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang. (Puskesmas Kecamatan) ada 44 fasilitas (di Jakarta), ditambah RSUD. Jadi pelayanan kesehatan jalan terus tanpa ada jeda,” ujar Gubernur Anies usai menginspeksi Puskesmas Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin pagi (3/6).

Sedangkan untuk Puskesmas di tingkat Kelurahan, Gubernur Anies menambahkan, juga akan tetap beroperasi, namun waktu pelayanannya terbatas.

Baca juga : Simon Geber Terus Latihan Timnas

“(Puskesmas) Kelurahan juga masih buka, tanggal 3-4 dan 7 itu beroperasinya, hanya jam terbatas, dan (tanggal) 5-6 tutup. Jam (pelayanannya), jam 7.30 sampai jam 12 siang. Tapi kalau membutuhkan (di luar itu), silahkan datang ke (Puskesmas) Kecamatan semuanya siap melayani, begitu juga dengan RSUD kita,” terangnya.

Di samping itu, Gubernur Anies tetap berharap agar seluruh masyarakat Jakarta tetap dalam kondisi sehat dan mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin, baik yang mudik Lebaran maupun tidak.

“Meskipun begitu kita semua Mengharap mudah-mudahan tidak banyak pasien, karena sehat. Jadi kita mengantisipasi jika ada yang sakit, semua fasilitasnya tersedia lengkap. Jadi bagi warga DKI jangan khawatir, bila perlu pelayanan, kita siap untuk melayani. Tapi mudah-mudahan (semuanya sehat), tidak ada yang sakit,” tuturnya.

Baca juga : Libur Lebaran, Pelayanan Publik Di Bekasi Tetap Buka

Gubernur Anies turut mengapresiasi para tenaga medis yang tetap bekerja memberikan pelayanan kesehatan selama musim libur Lebaran 2019.

“Alhamdulillah saya lihat di dalam, para dokter, para perawat, semuanya bertugas dengan baik . Saya ingin sampaikan terima kasih dan apresiasi atas nama Pemprov kepada semua petugas yang bekerja di saat yang lain mudik dan libur. Mereka terus mengabdikan dirinya untuk kepentingan masyarakat. Semoga ini menjadi amal baik bagi mereka dan juga penanda bagi kita, betapa tingginya semangat kerja dalam melayani,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, merincikan bahwa tenaga medis di tingkat Puskesmas Kecamatan disiagakan sekitar 1/8 (seperdelapan) dari jumlah total.

Baca juga : KPK Terima Laporan Gratifikasi 1 Ton Gula dan Duit 1.000 Dolar Singapura

“Kalau di Puskesmas ada dua aspek, aspek kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Jadi kalau yang lapangan libur, tapi untuk yang pelayanan di dalam gedung tetap masuk sesuai dengan jadwalnya. Untuk di RSUD karena rawat jalan itu sangat berkurang, sekitar tinggal 40 persen, jadi untuk rawat jalan di RSUD sekitar 40 persen , tapi untuk IGD RSUD itu full 100 persen,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.