Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penjelasan Menhub

One Way Diperpanjang untuk Antisipasi Kepadatan Kendaraan

Senin, 3 Juni 2019 20:45 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Senin (3/6).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat meninjau Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Senin (3/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Waktu penerapan kebijakan satu arah (one way) di jalan tol Trans Jawa diperpanjang hingga hari ini, Senin (3/6) atau H-2 jelang Lebaran. Perpanjangan dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang masih akan keluar Jakarta menuju ke arah timur pada hari ini. 

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Senin (3/6). Penerapan one way yang dimulai pada (30/5) atau H-8, semula akan berakhir pada Minggu (2/6) kemarin alias H-3 Lebaran. Namun diputuskan untuk diperpanjang hingga hari ini.

Baca juga : Kehadiran Mega di Pemakaman Ibu Ani Jadi Lembaran Baru Persatuan

“Semula kita hanya melakukan kegiatan one way itu 4 hari, yaitu sampai kemarin. Namun, diputuskan untuk dipertahankan hingga hari ini karena masih banyaknya kendaraan yang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kemungkinan hari ini terakhir diterapkan (one way),” ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, semua kebijakan terkait rekayasa lalulintas akan diserahkan ke Kakorlantas Polri sebagai komandan di lapangan. “Semua masih situasional terkait one way. Pastinya kita akan serahkan kepada Kakorlantas Polri untuk keputusan kebijakan tersebut,” jelasnya.

Baca juga : Kepulangan Jenazah Ibu Ani Dipercepat, Malam Nanti Tiba Di Bandara Halim

Menhub menerangkan, skema one way dinilai cukup efektif mengurai kepadatan di jalan Tol Trans Jawa pada arus mudik tahun ini. Berdasarkan data dari Jasa Marga di Posko terpadu, jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta di H-4 sebanyak 87.758, dan di H-3 sebanyak 75.648. Sedangkan pada H-2, hingga pukul 17.30 sore, sudah ada 26.523 kendaraan.

Saat melakukan video conference dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi yang sedang berasa di kantor Pusat Jasa Marga, Menhub meminta Dirjen Perhubungan Darat bersama Jasa Marga dan Korlantas untuk intens berkoordinasi untuk menyiapkan arus balik agar tidak terjadi kepadatan. 

Baca juga : Anies Ganti Istilah Operasi Yustisi dengan Pelayanan Kependudukan

Penerapan one way untuk arus balik rencananya akan dilakukan mulai tanggal 8 sampai dengan 10 Juni 2019. One way akan dari KM 189 di ruas Tol Palimanan sampai KM 70 di Gerbang Tol Cikampek Utama atau Cikatama. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.