Dark/Light Mode

Kakorlantas Imbau Pemudik Sebisa Mungkin Tak Gunakan Rest Area Tol Cikampek

Minggu, 9 Juni 2019 07:16 WIB
Kakorlantas Irjen Refdi Andri (Foto: Istimewa)
Kakorlantas Irjen Refdi Andri (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kakorlantas Irjen Refdi Andri bersama Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Jasa Marga, Asosiasi Pengusaha Rest Area, dan mitra terkait lain mengadakan rapat evaluasi setelah sehari pemberlakuan sistem satu arah atau one way saat arus balik Lebaran 2019. One way telah diterapkan sejak 7 Juni 2019 sepanjang 344 kilometer dimulai dari Tol Trans Jawa kilometer 414 Kalikangkung sampai kilometer 70 Cikampek Utama.

Dengan diberlakukannya one way saat arus balik, Kakorlantas tidak menampik bahwa akan berakibat pada penumpukan kendaraan selepas batas akhir one way. Namun Kakorlantas bersama mitra terkait akan memaksimalkan upaya untuk mengurai kepadatan.

Baca juga : Cegah Macet, Rest Area di Tol Cikampek Bakal Ditutup

"Kami semua jajaran lalu lintas di kewilayahan dan mitra terkait akan lakukan optimalisasi dan peningkatan (pengerahan) personel," kata Kakorlantas seperti dikutip Kantor Berita Antara, Minggu (9/6).

Tak hanya penumpukan di batas akhir one way, Kakorlantas juga menyebutkan penumpukan arus kendaraan juga disebabkan adanya pertemuan arus kendaraan dari arah selatan dan timur dan penuhnya rest area oleh para pemudik yang berada di sepanjang jalur Cikampek-Jakarta.

Baca juga : Ini Imbauan Kemenhub untuk Pemudik dengan Angkutan Umum dan Pribadi

"Maka dari itu, agar terhindar dari penumpukan arus kendaraan, kami akan optimalisasi pengelolaan rest area. Menggunakan semua kekuatan dengan buka tutup rest area agar tidak terjadi kepadatan," kata Kakorlantas.

Ia pun mengimbau kepada para pemudik untuk sebisa mungkin tidak menggunakan rest area di jalur Tol Cikampek-Jakarta.

Baca juga : BNI Berangkatkan 2.000 Pemudik dengan Kereta

"Sebisa mungkin masyarakat menggunakan rest area yang berada di timur pada saat one way, karena di kanan kiri jalur rest area timur sarana prasana sangat memadai untuk kebutuhan pengemudi. Ini juga untuk menghindari penumpukan di ruas Tol Cikampek-Jakarta," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.