Dark/Light Mode

Makin Diminati, KMT KRL Tembus 5 Juta

Selasa, 4 Januari 2022 13:05 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kartu Multi Trip (KMT) menjadi favorit para penumpang kereta rel listrik (KRL). Banyak penumpang memilih menggunakan KMT karena dianggap lebih praktis, mengurangi antrean, dan tidak perlu setiap hari bertransaksi menggunakan uang tunai, yang berpotensi menularkan virus karena sering berpindah tangan.

VP Corporate Secterary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan, sepanjang tahun 2021 jumlah KMT yang beredar meningkat 171 persen.

Baca juga : Terapkan Strategi Jitu, LPEI Dorong UKM Tembus Pasar Global

"KAI Commuter mencatat pembelian KMT oleh pengguna KRL selama tahun 2021 mencapai 2.121.635 unit kartu. Angka tersebut menjadi catatan tertinggi sejak KMT diperkenalkan kepada pengguna KRL pada 2013, dan mengalami peningkatan 171 persen jika dibandingkan tahun 2020 yang terjual 781.991 unit," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (4/1).

Secara keseluruhan, kata Anne, saat ini terdapat 5.373.256 kartu yang telah beredar di masyarakat. Pada Desember 2021, 61 persen transaksi tiket KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta Solo sudah menggunakan KMT.

Baca juga : Wapres: Keuangan Digital Bakal Tembus Rp 4.500 T

Menurutnya, angka tersebut meningkat dibanding pada awal tahun tepatnya Januari 2021 dimana hanya 54 persen transaksi yang menggunakan KMT.

Anne melihat peningkatan pemakaian KMT ini juga merupakan kontribusi KAI Commuter dalam mendukung pemerintah mewujudkan program cashless society atau masyarakat yang bertransaksi menggunakan uang dalam bentuk non tunai.

Baca juga : Martin Ngacir Paling Depan, Rossi Tembus 10 Besar

"Budaya transaksi secara non tunai di sektor transportasi khususnya KRL diharapkan mendorong perubahan budaya masyarakat secara umum karena besarnya jumlah pengguna KRL," tutur Anne. 

Selain pilihan pengguna untuk beralih ke transaksi non tunai, KAI Commuter juga berinovasi lewat sejumlah pengembangan KMT yang mendorong masyarakat untuk menggunakannya sebagai kartu bertransportasi. KMT saat ini dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun-stasiun KRL.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.