Dark/Light Mode

Terapkan Strategi Jitu, LPEI Dorong UKM Tembus Pasar Global

Rabu, 15 Desember 2021 18:37 WIB
Foto: Dok. LPEI
Foto: Dok. LPEI

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya memajukan pengembangan usaha, kecil, menengah (UKM) dan koperasi dalam menghasilkan produk-produk yang bernilai jual tinggi serta berorientasi ekspor, terua dilakukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank.

Hal tersebut, menjadi komitmen LPEI yang berupaya memajukan dan mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi peningkatan ekspor nasional. Yaitu melalui berbagai penyelenggaraan program yang salah satunya dinamakan Coaching Program for New Exporters (CPNE).

Baca juga : Kemitraan Strategis Di Bandara Kualanamu Dorong Realisasi Konsep Aerotropolis

Upaya tersebut diharapkan dapat mendukung percepatan peningkatan ekspor nasional, membantu peningkatan kemampuan produksi nasional yang berdaya saing tinggi serta memiliki keunggulan untuk ekspor.

Direktur Pelaksana II Indonesia Eximbank Maqin U Norhadi menjelaskan, program CPNE dapat diikuti oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya agar bisa masuk dunia ekspor.

Baca juga : Serangan Omicron Ganggu Pemulihan Ekonomi Global

“Mereka akan dibekali dengan pelatihan mengenai standar kualitas produk ekspor, sertifikasi, klasifikasi harmonized system (HS Code) dan lainnya,” ujar Maqin dalam keterangan resminya, Rabu (15/12).

Maqin menambahkan, CPNE merupakan program LPEI dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang berorientasi ekspor diperuntukkan bagi para pelaku usaha dan juga anggota koperasi.

Baca juga : Era Digital Di Depan Mata, ALFI Dorong Pengusaha Bertransformasi

Program pelatihan dan pendampingan ini dilakukan selama satu tahun dan tidak dipungut biaya. LPEI menerapkan beberapa strategi untuk membantu para pelaku UKM agar naik kelas, salah satunya dengan mengedepankan program pengembangan masyarakat berbasis komoditas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.