Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalanan Hanya Bisa Dipakai Satu Jalur

Galian Kabel PLN Bikin Casablanca Macet Parah

Jumat, 14 Juni 2019 12:36 WIB
Salah satu galian di Jakarta yang kerap membuat kemacetan. (Foto : istimewa)
Salah satu galian di Jakarta yang kerap membuat kemacetan. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah sebulan lalu lintas di Casablanca, Jakarta Selatan, macet parah. Penyebabnya, proyek galian kabel Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka, kemacetan mulai dari pengerjaan galian kabel di depan Kuburan Taman Menteng Pulo. Tepat di persimpangan Jalan Layang Non Tol (JNTL) ke terowongan Casablanca.

Ini menyebabkan jalanan menyempit. Jalanan menyisakan satu jalur doang. Nampak pagar proyek dengan pengumuman berlatar warna hijau membatasi galian proyek dengan pengendara. Sejumlah alat berat dan material nampak di sekitar proyek. Tanda dan rambu sedang ada proyek juga.

Baca juga : Golden Ring Rusia Dimeriahkan Musik Gamelan Dan Tari Nusantara

Sejumlah pekerja proyek lengkap dengan rompi tampak bekerja keras. Pemotor yang berada di lajur kanan menyelinap di sela-sela mobil untuk menghindari naik ke JNTL yang memang dilarang. Lalu lintas di daerah Tebet arah Casablanca sangat padat. Gara-gara jalan menyempit imbas proyek galian, macetnya panjang terjadi setiap hari, terutama pagi jam berangkat kantor.

Kepadatan mengular hingga ke Kampung Melayu. Pengendara pun mengeluh. Tanpa proyek galian saja, kondisi lalu lintas di jalur ini padat merayap setiap harinya. “Sudah tahu di situ biang macet. Eh sekarang ditambah proyek galian kabel. Apakah PLN atau Bina Marga, nggak bisa dipercepat ini proyek?” ujar Ulum, warga Jakarta Timur, pengendara mobil yang bekerja di Jakarta Pusat ini.

Proyek galian kabel listrik sepanjang Casablanca juga mengakibatkan macet parah dari Stasiun Tebet hingga ke Mal Ambassador. Jarak hanya 5 kilometer ditempuh 1 jam. Anehnya, tidak nampak petugas dishub atau polisi melakukan pengaturan. “Apakah tidak ada solusi macet sepanjang jalur ini?Sebelum puasa seperti ini. Tolong Pak Anies intruksikan dipercepat. Pang- gil yang mengerjakan proyek ini,” pinta Amir, pengendara sepeda motor ditemui di lokasi.

Baca juga : BPTJ Siapkan Bus Sebagai Alternatif Transportasi Warga Bogor

Keluhan warga soal kemacetan Casablanca imbas proyek galian kabel juga ramai betul di media sosial. Di Twitter, banyak warga yang mengadu langsung ke akun-akun dinas terkait. “@pln_123 @aniesbaswedan keliatan di situ.

Macet parah dari Kampung Melayu sampai Casablanca cuma gara-gara galian yang belum beres-beres,” keluh warganet pemilik akun @ dimasacun. Akun @StAdiNugroho juga mengeluh kondisi serupa. “Woi @pln_123 @BinaMargaDKI itu galian kabel di Casablanca apa ga bisa dipercepat atau dipindahkan. Membuat macet sampai Kampung Melayu setiap hari. Cuma gara gara penyempitan kerjaan kabel,” tandasnya.

Akun resmi Pemprov DKI Jakarta @DKIJakarta menang- gapi laporan warga ini. “Kepada Yth. @dimasacun. Terima kasih atas laporannya. Laporan anda sudah diproses melalui aplikasi CRM Pemprov DKI Jakarta dengan nomor Laporan TW000015735. Silakan pantau prosesnya,” balasnya. Sedangkan akun resmi PLN @pln_123 memohon maaf. “Mohon maaf atas ketidaknya- manannya,” tulis akun resmi ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.