Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakor TKPK, Wagub Riza Bahas Data Kemiskinan Di Jakarta

Rabu, 9 Maret 2022 12:27 WIB
Wagub Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Wagub Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta program penanggulangan kemiskinan yang digagas Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK)  dapat secara efektif menurunkan tingkat kemiskinan, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat di Jakarta.

Untuk itu,  Riza menekankan, pentingnya satu basis data rujukan utama (Basis Data Terpadu), agar pelaksanaan program-program tersebut lebih efektif dan optimal. Basis Data Terpadu, kata Riza yang merupakan Ketua Tim TKPK DKI Jakarta, merupakan hal substansial untuk mewujudkan komplementaritas program. Basis Data Terpadu ini juga diharapkan dapat memperkuat fungsi kelembagaan serta meningkatkan kualitas perencanaan, monitoring dan evaluasi program.

"Saya berharap momen ini dapat menjadi platform kolaborasi lintas sektor untuk bersama-sama memetakan akar permasalahan dan merumuskan strategi yang terbaik dalam rangka penggunaan satu rujukan utama Basis Data Terpadu yang dikelola oleh sebuah sistem informasi kesejahteraan rakyat berbasis teknologi informasi," ucap Riza saat memimpin Rapat Koordinasi Pertama Tim TKPK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022 secara virtual, Rabu (9/3). 

Baca juga : Tinjau PTDI, Dubes Kim Bahas Kerja Sama Perawatan Dan Moderisasi Pesawat

Dikatakannya, sistem informasi dapat dengan cepat dan akurat melakukan integrasi berbagai data serta interoperabilitas dengan sistem lainnya tanpa batas waktu dan jarak. Oleh karena itu, perlu diwujudkan sebuah Sistem Informasi dalam pengelolaan Basis Data Terpadu.

"Basis data terpadu juga dapat digunakan untuk mengetahui perubahan status kesejahteraan penduduk, serta riwayat program-program yang diterima oleh penerima manfaat; baik itu rumah tangga, keluarga, individu maupun kelompok. Hal-hal tersebut merupakan dasar yang penting dalam perencanaan, monitoring, dan evaluasi program," jelasnya.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta, terus berupaya membangun kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain itu, tentunya dibutuhkan terus dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait untuk keleluasaan akses dan pengembangan data sasaran, antara lain data kependudukan Kementerian Dalam Negeri dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, yang diharapkan antara data satu dan lain akan saling melengkapi dan mengonfirmasi.

Baca juga : Rusia-Ukraina Panas Lagi, Awal Pekan Rupiah Lemas

Dengan demikian, upaya-upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas data dan program penanggulangan kemiskinan. 

"Saya meminta, koordinasi tidak berhenti di momen rapat kali ini. Koordinasi yang melibatkan semua pemangku kepentingan agar dilanjutkan untuk menghasilkan sebuah grand design Pengembangan Pengelolaan Data Terpadu dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Jakarta," terang Riza.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta ini menegaskan, setiap langkah yang dilakukan dalam menanggulangi kemiskinan agar dipastikan sejalan dengan prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs), yakni universal, integration dan no one left behind.  "Pada akhirnya, kita bisa bersama-sama mewujudkan visi pembangunan Kota Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya," tandasnya. [DRS]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.