Dark/Light Mode

Progres Capai 98 Persen, M. Taufik: Pembangunan JIS Sesuai Ekspektasi

Minggu, 13 Maret 2022 19:17 WIB
Pembangunan Jakarta International Stadium di Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Foto: Dede Iswadi Idris/RM)
Pembangunan Jakarta International Stadium di Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Foto: Dede Iswadi Idris/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki pekan ke-131, progres pembangunan Stadion Jakarta International Stadium (JIS) sudah mencapai 98,26 persen. Diperkirakan stadion yang akan menjadi kebanggaan warga Jakarta ini rampung dalam waktu dekat.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik berkunjung ke JIS, melihat langsung progres pembangunan stadion yang terletak di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu sore (13/3).

"Sesuai dengan ekspektasi Pemprov DKI dan kita semua warga Jakarta karena ini menjadi stadion kebanggan warga Jakarta bahkan Indonesia," ujar politisi Partai Gerindra ini, Minggu (13/3).

Menurut Taufik, pembangunan stadion JIS berjalan relatif lancar meskipun terdapat beberapa kendala. Seperti Covid-19 dengan varian Omicronnya dan cuaca yang kurang bersahabat, hujan disertai angin kencang.

"Saya kira April harusnya ini sudah selesai semua, sudah rapi. Ini kan kerjanya 24 jam, sisanya 2 persen finishing pembersihan saja," ujarnya.

Baca juga : Tinjau Sirkuit Formula E, Taufik Pede Pembangunan Selesai April

 

 

Taufik menyebut, jika federasi sepak bola dunia atau FIFA akan datang JIS untuk melakukan serangkaian uji coba sebelum dibuka untuk umum.

"Rencananya FIFA mau datang ke sini pada 23 Maret, untuk uji coba lapangan ini soal kemembalan, kemudian serapan air," jelas Taufik.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Aset PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko mengatakan, akan ada dua acara peluncuran JIS, yakni soft dan grand launching.

Baca juga : Wapres: Pemerintah Dorong Perkembangan BSI Melalui PMN

Soft launching turnamen sepak bola yang rencananya mengundang klub sepak bola Eropa, yang sempat tertunda karena meningkatnya penyebaran Covid-19 varian Omicron. Sementara grand launching nantinya akan dimeriahkan dengan acara konser musik.

JIS yang berkapasitas 82 ribu penonton ini akan menjadi stadion terbesar ketiga di dunia dan terbesar di Asia Tenggara.

 

 

Fasilitas yang disiapkan ini nantinya akan membuat JIS menjadi stadion serbaguna yang bisa dipakai untuk berbagai acara besar, seperti konser musik JIS juga bakal dilengkapi dengan atap buka tutup yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi. Struktur ini terdiri dari bola sendi, dan elemen yang terdiri dari pipa, konus, hexagon, dan baut high tensile.

Baca juga : Jasa Marga Salurkan Rp 150 Juta Untuk Pembangunan Biogas

Space frame adalah suatu sistem struktur rangka ruang yang kaku dan ringan serta menggunakan sistem sambungan antar batang yang membentuk segitiga dengan joint-joint yang saling mengunci dengan pola geometri.

Stadion ini juga akan menggunakan rumput hybrid berstandar internasional. Kelebihan rumput hybrid, lapangan dapat digunakan hingga 1.000 jam pertandingan bila dibandingkan rumput natural, hanya bisa kuat selama 300 jam.

Berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021 lalu, JIS masuk dalam daftar stadion termegah ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro dan Grand Stade de Casablanca.

JIS juga merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikasi green building atau sertifikasi level platinum pada Design Recognition. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.